Penyebab BPK atau CPC Adsense Turun semakin kecil
http://asia-note.blogspot.com/2015/07/penyebab-bpk-atau-cpc-adsense-turun.html
Jika saja kita jeli
menela'ah panduan google adsense barangkali ada banyak point penting yang bisa
kita simpulkan mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah nilai CPC,
terutama yang mengenai hal-hal yang bisa menyebabkan kenapa CPC atau BPK bisa
anjlok, sehingga nilainya sangat kecil sekali. berikut beberapa hal yang
disinyalir dapat menurunkan CPC atau BPK google adsense:
1.
Blog Terkena Smart Pricing
Memang untuk kasus
anjloknya nilai cpc tidak ada yang tau pasti dan google sendiripun tidak pernah
menjelaskannya secara gamblang, namun salah satu yang disinyalir bisa
menyebabkan cpc anjlok adalah karena blog yang bersangkutan terkena smart
pricing, yaitu metode otomatis yang digunakan google adsense untuk melindungi
iklan para advertiser dengan memperkecil nilai CPC karena adanya faktor
tertentu.
Silahkan anda pelajari
mengenai apa itu smart pricing dan bagaimana cara mengatasinya.
2.
Banyaknya Sumber visitor dari selain google
Untuk Google adsense
google sangat menganjurkan bahwa yang klik iklan adsense yang kita pasang di
blog kita mereka datang bersumber dari mesin pencari google (pengunjung
organik), jika yang mengklik iklan datang bukan dari mesin pencari misalkan
saja dari sosial media atau sumber lainnya selain mesin pencari google, google
maka CPC atau BPK untuk setiap iklan akan semakin diperkecil. oleh karena itu
agar nilai cpc besar maka diusahakan bahwa setiap visitor yang datang
mengunjungi blog kita datang dari mesin pencari, salah satu caranya tentu saja
dengan mengoptimalkan optimasi seo blog yang bersangkutan baik itu optimasi seo
onpage maupun offpage.
3.
Terlalu banyak share artikel postingan ke social media dan semacamnya
Banyak para blogger yang
mengupayakan visitor blognya melimpah, salah satunya adalah share artikel ke
sosial media baik itu dengan cara berbayar maupun gratis, memang benar share
artikel di sosial media cukup efektif untuk meningkatkan visitor ke blog kita,
namun sepertinya untuk publisher adsense mencari visitor dengan cara ini kurang
efektif apalagi google sendiri hanya menyarankan share artikel blog yang
dikaitkan dengan adsense hanya di twitter dan g+ saja, bahkan cara seperti ini
disinyalir sangat rentan sekali akun adsense dibanned, karena jika terlalu
banyak share atau menyebarkan link adsense apalagi dilakukan secara manual,
adsense bisa menganggapnya meminta orang lain untuk mengklik iklan, tentu
sangat tidak diperbolehkan dan melanggar kebijakan.
Jika saja banyak sekali
share ke social media, maka dapat dipastikan visitor yang mengunjungi blog kita
bisa bersumber dari sosial media bukan dari mesin pencari, oleh karena itu jika
pengunjung datang dari bukan mesin pencari google, maka nilai CPC google
adsense akan semakin kecil, semakin banyak artikel yang dishare maka peluang
pengunjung dari sosial media akan semakin banyak pula, dan semakin banyak
pengunjung blog yang bersumber dari sosial media, nilai CPC google adsense akan
semakin kecil.
Oleh karena itu, untuk
menigkatkan nilai CPC sebaiknya kurangi share artikel ke sosial media apapun
itu, atau kalo memungkinkan jangan pernah share artikel di sosial media
manapun, itu yang menurut saya sangat efektif meningkatkan nilai CPC, jika
tidak percaya silahkan anda buktikan sendiri kemudian bandingkan, semakin
banyak pengunjung organik nilai cpc akan semakin meningkat.
4.
Iklan tidak relevan
Untuk kasus yang satu ini
juga dianggap bisa memperkecil CPC, artinya iklan yang muncul tidak relevan
dengan topik artikel blog, untuk kasus ini memang bukan kehendak kita, karena
kita tau bahwa iklan google adsense di generate secara otomatis oleh mesin
adsense itu sendiri, apa yang bisa kita upayakan adalah menyajikan niche blog
fokus, sehingga topik blog jelas dan ini bisa meningkatkan iklan yang muncul
relevan dengan topik blog tersebut.
5.
Banyaknya klik iklan yang dilakukan dari 1 IP yang sama
Banyak sekali cara yang
dilakukan pengunjung untuk mengklik iklan adsense, kadang ada diantara mereka
yang melakukan klik secara natural karena memang benar-benar tertarik dengan
iklan yang ditayangkan, tidak sedikit juga pengunjung yang klik iklan secara
terus menerus, baik itu hanya sekedar iseng atau dengan tujuan intimidasi dari
pesaing, bahkan tindakan seperti itu bisa menjadi bom klik yang bisa
menyebabkan akun adsense dibanned, tindakan seperti itu memang tidak bisa
dihindari, namun teknologi adsense untuk menjaga advertiser dari tindakan yang
merugikan seperti itu bisa mendeteksi secara baik, sehingga jika terjadi
tindakan semacam itu adsense akan melindungi iklan advertiser dengan
memperkecil nilai CPC iklan yang bersangkutan.