Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli computer rakitan

PC rakitan memiliki kelebihan dimana kita bisa bebas menentukan komponen yang kita mau dan lebih murah soal kualitas, PC rakitan per komponen di lindungi garansi, jadi anda akan tetap mendapatkan layanan yang sama, bedanya anda harus me rencanakan seperti apakah  pc anda nanti.

Berikut saya berikan tips-tips serta langkahnya.

Siapkan budget terlebih dahulu, karena budget yang akan menentukan seperti apa PC anda nantinya dimaksud yang akan menentukan berapa besar kebutuhan dalam merakit sebuah computer

  • OFFICE : 3- 4 jutaan rupiah
  • OFFICE multimedia  : 4-5 jutaan rupiah
  • Gaming Casual dan Game Online : 3-4 jutaan rupiah
  • Gaming kelas low-end : 4-5 jutaan rupiah
  • Gaming kelas Mid-end : 5-7 jutaan rupiah
  • Gaming kelas High-end : 7-10 jutaan rupiah
  • Gaming kelas Antusias : 10 juta – tidak terhingga
  • Multimedia & Grafis 3D  low-end : 6 jutaan rupiah
  • Multimedia & Grafis 3D mid-end : 8-10 jutaan rupiah
  • Multimedia & Grafis 3D high-end : 15 juta – tidak terhingga.


Berikut penjelasan masing-masing kategori tersebut.

OFFICE

Segment kantoran, seperti kantor pegawai negeri atau swasta yang hanya berkutat dengan aplikasi kantor seperti microsoft office dan browser

OFFICE multimedia

Hampir mirip dengan segment kantoran, namun dengan kebutuhan multimedia ringan seperti edit photo, edit presentasi dan edit video ringan kategori ini bisa di pakai untuk warnet.

Gaming Casual dan Game Online

kategori untuk orang yang bermain game online mainstream yang ada di pasaran seperti point blank, Crossfire, Ayo dance, CABAL dsb kategori ini bisa dipakai untuk warnet game center.

Gaming kelas low-end

kategori ini dipakai untuk pengguna yang menginginkan bermain segala macam jenis game. Namun dengan budget yang minim. PC hasil jadi dengan budget ini bisa dibilang bisa memainkan beberapa banyak game yang ada di pasaran, namun untuk beberapa game kelas berat hanya bisa dimainkan di settingan grafis low. Game bisa dimainkan dengan baik. namun dengan texture yang tidak sebaik settingan grafis mid-high end.

Gaming kelas Mid-end

merupakan segment lanjutan dari kelas low-end. bedanya dengan kelas low-end adalah game yang berat dimaksud ini bisa dimainkan dengan baik dengan settingan grafis mid-high. Sehingga tampilan grafis yang ditampilkan lebih baik dari kelas low-end.

Gaming kelas High-end

Gaming kelas atas. Biasanya hanya di isi oleh gamer yang sudah menjadikan hobi sebagai gamer. Kalau anda baru namun memiliki budget seperti ini. selain anda bisa memainkan segala game dengan nyaman dan grafis tinggi anda juga bisa memasang beberapa aksesoris kelas atas. Seperti watercooler yang membuat pc anda menjadi lebih baik.

Gaming kelas Antusias

Hampir sama dengan gaming kelas high-end. bedanya untuk kelas ini biasanya memakai komponen dengan kinerja terbaik, tampilan PC terbaik. Kelas ini beberapa di isi oleh sesepuh gamer yang memang cinta mati dengan PC gamer.

Multimedia & Grafis 3D  low-end 

Tidak seperti segment lainya. Segment Multimedia dan Grafis 3D ini agak lebih mahal. Dikarenakan terfokuskan ke pada kinerja processor yang agak mahal dibanding komponen lainya. Untuk segment low-end dikhususkan untuk pengguna aplikasi grafis 3D ringan seperti 3Ds Max, Blender, skectup dsb. Serta edit video resolusi full HD. Bisa digunakan di studio rumahan atau di perusahaan yang bergerak di bidang multimedia semacam film.

Multimedia & Grafis 3D mid-end 

kelas ini, di isi oleh para desainer biasanya di isi oleh beberapa mahasiswa desain. Vray engine adalah renderer yang sering dipakai untuk segment ini.

Multimedia & Grafis 3D high-end 

segment ini biasa di isi oleh pengguna yang mendesain skala besar. Yang membutuhkan spesifikasi PC yang mumpuni untuk render skala besar dengan cepat dan efisien. Beberapa produsen automotif memakai PC jenis ini. beberapa produsen seperti nvidia, menyiapkan PC jenis ini yang dimana dinamakan Workstation. Salah satu jenis workstation dari nvidia adalah Iray vca

Related

Tips & Triks 6693873051312256132

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item