Faktor Yang mempengaruhi pendapatan AdSense
https://asia-note.blogspot.com/2015/06/faktor-yang-mempengaruhi-pendapatan.html
Memang untuk mendapatkan
penghasilan melalui google adsense bukan perkara mudah, setidaknya harus kerja
kerja keras dan punya trik tersendiri sehingga bisa menghasilkan penghasilan
yang diharapkan, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan mengenai faktor
yang bisa mempengaruhi pendapata google AdSense yaitu sebagai berikut:
1.
Faktor Jumlah Visitor
Visitor adalah pengunjung
yang datang mengunjungi blog kita, visitor bisa datang dari berbagai sumber,
ada yang mungkin menemukan blog kita dari media sosial, ada juga pengunjung
yang bersumber dari backlink yang kita pasang pada komentar blog, atau
pengunjung bisa datang dari mesin pencari ketika mereka melakukan pencarian.
visitor sangat berperan sekali dalam mempengaruhi besar kecilnya pendapatan
google AdSense, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari adsense semakin
besar, karena semakin banyak pengunjung, maka peluang jumlah klik pada iklan
Adsense yang kita pasang akan semakin banyak.
2.
Faktor Jenis Visitor
Untuk menjaring
pengunjung, yang perlu kita prioritaskan adalah pengunjung organik, atau
pengunjung yang datang mengunjungi blog kita bersumber dari mesin pencari
Google, pengunjung jenis ini disinyalir bisa mempengarruhi Cost per click (CPC)
atau biaya perclick google Adsense, klik yang dilakukan pengunjung yang
bersumber dari mesin pencari google, lebih besar nilainya jika kita bandingkan
dengan pengunjung yang datang dari sumber lainnya, oleh karena itu untuk
mendapatkan nilai CPC lebih besar, kita harus mengupayakan pengunjung organik,
untuk menjaring pengunjung organik, salah satu caranya adalah melibatkan
optimasi seo didalam blog yang kita kelola, baik itu melakukan optimasi seo
onpage maupun optimasi seo Offpage.
3.
Faktor Bahasa artikel yang digunakan
Faktor bahasa memang
sangat menentukan besar kecilnya nilai CPC google AdSense, untuk mendapatkan
nilai CPC tertinggi sebaiknya blog kita isi dengan artikel-artikel bahasa
inggris, apa penyebabnya nilai CPC artikel berbahasa inggris bisa lebih besar
daripada artikel berbahasa indonesia ?, alasannya adalah target pengunjung,
artikel berbahasa inggris target pengunjungnya kemungkinan dapat menjaring
pengunjung dari luar negeri, misal Amerika, Inggris dan negara asing lainnya,
sementara mata uang asing memiliki nilai
yang besar jika dibandingkan dengan mata uang lokal indonesia, ketika
pengunjung datang dari luar negeri, iklan adsense akan menyesuaikan dengan
iklan lokal dari negara mana pengunjung tersebut berasal, untuk ukuran orang
indonesia, iklan yang dipasang oleh advertiser dari negara asing biasanya
memiliki nilai CPC tinggi jika dibandingkan iklan dari indonesia, menyesuaikan
dengan mata uang mereka, sehingga berpengaruh juga pada nilai klik iklan yang
akan kita dapatkan. beberapa informasi yang saya dapatkan, bahwa nilai CPC
untuk iklan dari negara asing bisa sampai 10$ sampai dengan 100$ perklik.
4.
Faktor Niche Blog
Besar kecilnya nilai CPC
iklan Adsense sangat dipengaruhi oleh isi artikel, iklan google adsense yang
ditampilkan pada umumnya akan menyesuaikan dengan konten atau isi artikel
secara keseluruhan, oleh karena itu untuk mendapatkan nilai CPC tinggi kita harus
mengetahui niche blog apa saja yang disinyalir memiliki nilai CPC yang tinggi,
memang google Adsense sendiri sangat merahasiakan nilai CPC untuk tiap
iklannya, hanya advertiser atau pemasang iklan dan pihak adsense saja yang tau
persis berapa nilai CPC untuk tiap iklannya, namun kita bisa mencari referensi
dari berbagai sumber online untuk mendapatkan informasi mengenai niche atau
topik blog apa saja yang memang benar-benar memiliki nilai CPC tinggi.
Oleh karena itu, jika kita
fokus di adsense sebaiknya mencari niche blog yang memang benar-benar memiliki
nilai CPC yang tinggi, sehingga penghasilan perkliknya juga akan semakin besar.
5.
Faktor Lokasi Penempatan Iklan
Lokasi penempatan unit
iklan google adsense, adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi
pendapatan google AdSense, penempatan yang baik akan mempengaruhi jumlah klik
terhadap iklan google adsense yang kita pasang, semakin banyak jumlah klik
tentu saja nilai dolar yang kita peroleh akan semakin besar. lantas dimanakan
lokasi terbaik kita bisa menempatkan iklan google Adsense ?, dalam istilah
adsense, kita mengenal heat map, yaitu titik-titik tertentu dalam halaman blog
kita yang sangat baik untuk meletakan iklan adsense, pada umumnya lokasi
tersebut adalah, titik-titik tertentu dalam blog kita yang banyak mendapatkan
perhatian pengunjung. ketika kita menempatkan unit iklan adsense pada lokasi
tersebut, maka akan berpengaruh pada jumlah klik iklan adsense yang kita
miliki.
6.
Faktor Level Domain Situs
Domain situs dengan Top
Level Domain (TLD) bisa mempengaruhi besar kecilnya nilai CPC google Adsense,
nilai CPC iklan adsense yang kita pasang pada situs dengan Top Level Domain
(.com,.org, .co.id, dll) akan lebih besar jika dibandingkan dengan nilai CPC
iklan adsense yang dipasang pada blog gratisan, seperti .blogspot, .wordpress
dan lain-lain, beberapa blogger yang sudah berpengalaman menggeluti adsense,
sudah membuktikan akan hal ini, oleh karena itu, jika kita punya sedikit modal
dan memutuskan untuk fokus lebih serius di Adsense, sebaiknya kita memikirkan
untuk memiliki TLD sendiri, sehingga pendapatan dari google adsense bisa lebih
maksimal.
7.
Faktor Bounce Out Rate
Bounce out rate adalah
ukuran lama tidaknya pengunjung nongkrong di situs atau blog anda, semakin
pengunjung berlama-lama disitus anda, berarti nilai bounce out rate akan
semakin kecil, semakin pengunjung cepat meninggalkan blog anda, maka nilai
bounce out rate akan semakin besar, tugas kita jika kita ingin mendapatkan
nilai CPC yang tinggi adalah, berusaha untuk memperkecil bounce out rate, cara
memperkecil bounce out rate adalah dengan menyajikan konten yang berkualitas,
unik dan original, semakin kecil bounce out rate maka nilai CPC akan semakin
besar.
8.
Faktor Jumlah dan jenis Iklan dalam satu halaman
Google adsense mengizinkan
kita memasang iklan paling tidak 3 iklan dalam satu halaman, semakin banyak
iklan yang kita pasang maka peluang mendapatkan klik akan semakin banyak juga,
namun semakin banyak iklan yang kita pasang dalam satu halaman maka nilai CPC
untuk tiap iklan akan semakin kecil, anda tinggal bijak dalam menentukan
pilihan untuk jumlah iklan ini, jika pengunjung sudah membludak, disarankan
memperkecil jumlah iklan, nilai CPC untuk 1 iklan dalam satu halaman akan lebih
baik dari pada 3 iklan dalam satu halaman, selain itu jenis dan ukuran iklan
yang kita pasang juga menentukan nilai CPC, sebaiknya memilih iklan yang dapat
menyajikan text dan gambar secara berganti, dan ukuran iklan sebaiknya memilih
iklan yang berdimensi 300 x zzz, karena iklan ini paling banyak diminati oleh
para advertiser, semakin banyak peminat iklan maka iklan adsense yang
ditampilkan akan memiliki nilai CPC yang lebih baik.
9.
Faktor Kata kunci dan Kualitas Artikel
Untuk mendapatkan nilai
adsense yang baik, kita harus memperhatikan isi artikel, untuk mendapatkan
nilai adsense yang beragam dan baik, sebaiknya kita membuat artikel yang
panjang, berkualitas, informatif dan kaya akan kata kunci, semakin banyak isi
artikel maka kata kunci yang bisa kita target akan semakin banyak, jika kata
kunci banyak iklan adsense akan menyesuaikan dengan kata kunci pada artikel
yang bersangkutan, semakin banyak ragam iklan yang ditampilkan, peluang
mendapatkan iklan dengan CPC tinggi pun akan semakin baik.
10.
Faktor Loading Blog atau Situs
Loading blog adalah salah
satu faktor yang diperhitungkan dalam SEO, semakin cepat loading blog maka
peluang artikel untuk ditemukan mesin pencari akan semakin baik, loading blog
sangat disukai oleh mesin pencari atau search enggine, dan bukan hanya mesin pencari,
pengunjungpun secara tidak langsung sangat menyukai loading blog yang cepat,
dengan loading blog yang cepat pelung pengunjung mengklik iklan yang kita
pasang akan semakin cepat. dan blog yang kita miliki akan mudah untuk ditemukan
oleh mesin pencari, dengan demikian visitor akan semakin banyak dan akan
berpengaruh pada pendapatan google adsense kita.