Mengenal istilah istilah dalam Adsense
https://asia-note.blogspot.com/2015/06/mengenal-istilah-istilah-dalam-adsense.html
Ketika kita berinteraksi
dengan google adsense kita akan mengenal beberapa istilah yang sering kita
jumpai ketika memantau perkembangan pendapatan adsense yang kita miliki,
beberapa istilah tersebut diantaranya adalah Page Impression, CPC, CTR, CPM dan
eCPM, berikut adalah penjelasan singkat :
1.
Page View
Page View / Page
impression atau impressi bisa kita terjemahkan "Tampilnya halaman",
adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang mengandung kode unit
iklan ditampilkan oleh pengunjung blog atau situs, nilainya tidak dipengaruhi
oleh jumlah iklan yang kita letakan pada halaman tersebut, jika iklan yang kita
letakan pada halaman yang ditampilkan berjumlah 3 buah unit iklan, kemudian
halaman tersebut tampil sebanyak 10 kali, maka Page impressionnya tetap saja
adalah 10.
Istilah Impression bukan
hanya pada google adsense, namun istilah ini dikenal juga untuk webmaster tool,
jika di google adsense impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit
iklan adsense tampil, sedangkan untuk di webmaster istilah impression berkaitan
dengan julah halaman ditemukan oleh mesin pencari berdasarkan kata kunci yang
dijadikan kriteria pencarian, semakin banyak impression maka itu menunjukan
bahwa halaman dalam blog kita mudah ditemukan oleh mesin pencari.
2.
Click
Untuk mendifinisikan klik yang berkatan dengan
unit iklan adsense adalah bahwa klik disini mengandunga arti akumulasi jumlah
klik yang diperoleh oleh setiap unit iklan adsense yang kita pasang.
3.
CPC (Cost Per Click)
CPC adalah istilah yang
sering kita dengar dalam google adsense, CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang
ditawarkan oleh advertiser (si pemasang iklan) untuk tiap klik iklannya, setiap
kali iklan adsense tersebut di klik pengunjung maka dollar yang akan kita
dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut. semakin besar nilai CPC maka akan
semakin besar pula peluang kita mendapatkan dollar dari iklan tersebut.
Banyak faktor yang bisa
mempengaruhi nilai CPC setiap iklan adsense, diantaranya adalah jumlah iklan
dalam halaman, jenis iklan yang dipilih, sumber pengunjung dan lain sebagainya,
untuk mengetahu informasi mengenai CPC silahkan baca juga Tips memaksimalkan
pendapatan google adsense
Google sangat merahasiakan
nilai CPC untuk setiap iklannya, hanya advertiser dan pihak google adsense saja
yang lebih tau mengenai nilai CPC untuk tiap unit iklannya, namun untuk saat
ini ada tool yang bisa kita gunakan untuk memprediksi nilai CPC, nilai CPC
untuk tiap unit iklan berbeda satu sama lain tergantung dari kata kunci
tertentu, salah satu tool yang sangat recomended untuk menemukan kata kunci
yang memiliki nilai CPC tinggi atau lebih dikenal dengan istilah high paying
keyword adalah SEMRush, caranya anda bisa baca tentang Cara menemukan High
Paying Keyword pada google adsense.
4.
CTR (Click Through Rate)
CTR (Click throught rate)
adalah perbandingan dalam bentuk persentase unuk menghitung antara jumlah klik
dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan tampil, jika iklan tampil sebanyak 1000 kali,
kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sejumlah 10 kali maka nilai CTR nya
dapat kita hitung sebagai berikut (10/1000 x 100%)=1%, jadi jika dalam 1000
kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai
CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.
Nilai CTR secara tidak
langsung dapat menginformasikan, prilaku normal klik terhadap satu unit iklan,
dan CTR menjadi referensi google maupun publisher untuk memantau prilaku klik
normal pada unit iklan yang bersangkutan, nilai normal untuk CTR adalah 0%
sampai dengan 5%, atau bisa juga lebih dari itu tergantung dari jumlah klik terhadap
iklan tersebut, namun jikal nilai CTR lebih dari 100% berarti itu sudah
terindikasi adanya tindakan tidak normal, kasus tersebut bisa terjadi karena
adanya bom klik, klik terus menerus pada iklan yang sama lebih dari 1 kali,
kita harus terus memantau dan mewaspadai jika dalam akun google adsense kita
mendapatkan informasi nilai CTR dengan nilai besar atau lebih dari 100%, jika
terindikasi adanya tindakan kecurangan atau bomklik maka resikonya adalah akun
adsense kita dibanned, nilai CTR diatas 100% bisa terjadi jika jumlah klik
melebihi jumlah iklan tersebut tampil.
5. RPM (Rvenue Per Thoushand Impression)
RPM adalah hasil pembagian antara jumlah
pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan
dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari
50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar $4 (nilai tersebut didapat dari
perhitungan [jumlah penghasilan /(impressi/1000)]= (200/(50.000/1000)=200/50=4.
6.
Estimated Earning
Estimated Earning adalah
perkiraan jumlah penghasilan yang kita peroleh dari iklan adsense yang kita
pasang, nilai estimated earning adalah hasil kali antara Jumlah click dengan
CPC, semakin besar nilai CPC maka akan semakin bersar pula estimated earning
yang akan kita peroleh, kemudian juga semakin banyak jumlah klik iklan itu akan
semakin besar pula pendapatan yang kita peroleh.