Teknologi Baterai Bisa Di-charge Sampai 200 Ribu Kali

Salah satu komponen terpenting dalam perangkat portabel adalah baterai. Sayangnya, daya tahan baterai terus berkurang setiap kali melewati proses pengisian ulang. Sementara itu, perusahaan teknologi kurang melakukan inovasi untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Para peneliti dari University of California sedang mengembangkan baterai yang memiliki daya tahan paling lama dan kuat walaupun sudah diisi berulang-ulang.

Para peneliti menemukan akar permasalahan kenapa baterai itu cepat aus dan rusak. Yaitu karena serat kabelnya cepat rapuh dan retak akibat pengisian berulang. Karena itu, para peneliti menggunakan kabel berkonduksi tinggi ‘nanowire‘ yang terbuat dari emas dan memberikan lapisan terbaru untuk mencegah kerusakan.

“Baterai pada umumnya akan rusak setelah 5 – 7 ribu pengisian ulang. Tapi, teknologi baterai yang kami kembangkan saat ini dapat bertahan setelah 200 ribu pengisian ulang,” kata Mya Le Thai (Kepala Kelompok Penelitian, University of California) seperti dilansir Mirror.









Thai mengatakan baterainya memiliki lapisan elektroda yang mampu mempertahankan bentuknya dengan baik dan membuktikan baterai berbasis elektroda ‘nanowire‘ dapat bertahan lama.


Baterai memang menjadi salah satu masalah pelik. Bahkan, Elon Musk (CEO, Tesla) telah berinventasi dalam jumlah besar untuk pengembangan teknologi baterai terbaru yaitu Powerwall.

Sumber :
http://www.infokomputer.com/

Related

Smartphone 7070568412132557637

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item