6 Hal Tentang SEO OnPage

  • Judul

Judul atau yang sering disebut Tilte, HARUS menggunakan kata kunci yang kita bidik. Bayangkan jika Anda di dalam sebuah perpustakaan, kemudian mencari buku, tapi judulnya tidak Anda ketahui. Maka akan sangat sulit mencari buku tersebut bukan? Google juga seperti itu. Oleh karena itu, peranan judul dalam sebuah artikel atau page kita sangat penting.

  •  Image

Saya bisa memastikan bahwa hal ini yang paling sering dilupakan. Pasalnya banyak orang tidak menganggap hal ini adalah hal yang penting.






Bayangkan Anda memiliki sebuah objek atau benda, tapi objek atau benda tersebut tidak mempunyai nama. Kemudian suatu saat Anda menyuruh orang untuk mengambilnya. Pertanyaannya “Apa bisa orang yang Anda suruh menemukan benda tersebut?”. Tidak akan bisa!

Jadi image atau gambar yang kamu pasang pada artikel HARUS memiliki nama. Beberapa hal yang harus di isi adalah, ALT, Title dan deskripsi atau penjelasan gambar tersebut. Lebih lengkap lebih baik.

  • Isi atau konten

Sudah bisa dipastikan, kata kunci yang kita bidik HARUS berada didalam artikel kita. Sama seperti artikel ini yang berjudul “SEO OnPage itu Hannya 6 Hal Berikut Ini”, maka pada artikel ini kalau kamu perhatikan sebaik-baiknya, maka memiliki beberapa kata kunci “SEO OnPage” beberapa kali.

Apakah kata kunci tersebut harus sesering mungkin dituliskan? tentu tidak. Cukup tiga atau empat kali saja jika panjang tulisn kamu sekitar 500 kata.

  • Deskripsi

Deskripsi disini maksudnya adalah “deskripsi yang kita tuliskan untuk tampil pada Search Engine Google”. Biasanya Anda yang menggunakan plugin YOAST, pasti paham dimana harus meletakkan deskripsi ini. Gambarnya dapat kamu lihat seperti di bawah ini:

SEO OnPage itu Hannya 6 Hal Berikut Ini_deskripsi



Bagian deskripsi meta tersebut HASRUS kamu isi, supaya ketika artikel muncul di pencarian Google, orang yang melihatnya dengan mudah memahami apa isi artikel yang kita tulis.

Kunci agar mudah dibaca atau dikunjungi orang adalah, buat deskripsinya sebaik dan semenarik mungkin.



  • Fokus kata kunci

Fokus kata kunci sangat penting. Artinya artikel yang sedang kita buat memiliki fokus kata kunci tertentu. Misalnya seperti tulisan saya ini, memiliki fokus kata kunci “SEO onpage”. Apakah bisa menggunakan fokus kata kunci sama dengan judulnya, jawabannya bisa saja.

  • Link 

  1. Link artikel yang bersangkutan. Misal seperti tulisan ini, memiliki link “www.portal-uang.com/seo-onpage-itu-hannya-6-hal-berikut-ini/” => kata kunci yang saya bidik ada di dalam link tersebut.
  2. Bagian yang kedua adalah link internal. Maksudnya yaitu ada artikel lain yang berkaitan erat dengan artikel yang sedang kita buat. Misalnya saja artikel ini ada membahas tentang “keyword”, maka saya membuat internal link nya dengan artikel yang membahas kata kunci yang lain. Misal “Tips Menulis Artikel SEO dari Pemula Seperti Saya“. Didalam artikel tersebut ada membahas tentang bagaimana mencari kata kunci dan meletakkan kata kunci tersebut dalam artikel
  3. Link eksternal yaitu link yang mengarah ke-website orang lain. Misalnya saja arikel ini ada membahas tentang SEO onpage, maka ada ada link yang mengarah ke artikel yang sama dari website orang lain. Misalnya “Ingin belajar SEO? Ini tipsnya bagi pemula“.


Seo onpage dengan 6 poin di atas sebenarnya sudah sangat-sangat baik. Walaupun ada bagian lainnya yang harus ditambahkan.

Akan tetapi yang paling penting dari SEO onpage ini juga HARUS didukung dengan kualitas artikel yang benar-benar baik dan bermanfaat bagi banyak orang. Artikel yang bagus akan mendapatkan peringkat bagus di Google, dan tidak mudah di geser oleh pesaing lainnya.


Jadi, apakah Anda hannya akan mengoptimasi website atau blog hannya menggunakan SEO onpage? Saya rasa kurang bijak. Gunakan semua cara termasuk sharing di sosial media. Selamat mencoba.

Related

SEO 3261389315646618108

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item