6 Hal Tentang SEO OnPage
https://asia-note.blogspot.com/2016/05/6-hal-tentang-seo-onpage.html
- Judul
Judul atau yang sering
disebut Tilte, HARUS menggunakan kata kunci yang kita bidik. Bayangkan jika
Anda di dalam sebuah perpustakaan, kemudian mencari buku, tapi judulnya tidak
Anda ketahui. Maka akan sangat sulit mencari buku tersebut bukan? Google juga
seperti itu. Oleh karena itu, peranan judul dalam sebuah artikel atau page kita
sangat penting.
- Image
Saya bisa memastikan bahwa
hal ini yang paling sering dilupakan. Pasalnya banyak orang tidak menganggap
hal ini adalah hal yang penting.
Bayangkan Anda memiliki sebuah objek atau benda, tapi objek atau benda tersebut tidak mempunyai nama. Kemudian suatu saat Anda menyuruh orang untuk mengambilnya. Pertanyaannya “Apa bisa orang yang Anda suruh menemukan benda tersebut?”. Tidak akan bisa!
Jadi image atau gambar
yang kamu pasang pada artikel HARUS memiliki nama. Beberapa hal yang harus di
isi adalah, ALT, Title dan deskripsi atau penjelasan gambar tersebut. Lebih
lengkap lebih baik.
- Isi atau konten
Sudah bisa dipastikan,
kata kunci yang kita bidik HARUS berada didalam artikel kita. Sama seperti
artikel ini yang berjudul “SEO OnPage itu Hannya 6 Hal Berikut Ini”, maka pada
artikel ini kalau kamu perhatikan sebaik-baiknya, maka memiliki beberapa kata
kunci “SEO OnPage” beberapa kali.
Apakah kata kunci tersebut
harus sesering mungkin dituliskan? tentu tidak. Cukup tiga atau empat kali saja
jika panjang tulisn kamu sekitar 500 kata.
- Deskripsi
Deskripsi disini maksudnya
adalah “deskripsi yang kita tuliskan untuk tampil pada Search Engine Google”.
Biasanya Anda yang menggunakan plugin YOAST, pasti paham dimana harus
meletakkan deskripsi ini. Gambarnya dapat kamu lihat seperti di bawah ini:
Bagian deskripsi meta
tersebut HASRUS kamu isi, supaya ketika artikel muncul di pencarian Google,
orang yang melihatnya dengan mudah memahami apa isi artikel yang kita tulis.
Kunci agar mudah dibaca
atau dikunjungi orang adalah, buat deskripsinya sebaik dan semenarik mungkin.
- Fokus kata kunci
Fokus kata kunci sangat
penting. Artinya artikel yang sedang kita buat memiliki fokus kata kunci
tertentu. Misalnya seperti tulisan saya ini, memiliki fokus kata kunci “SEO
onpage”. Apakah bisa menggunakan fokus kata kunci sama dengan judulnya,
jawabannya bisa saja.
- Link
- Link artikel yang bersangkutan. Misal seperti tulisan ini, memiliki link “www.portal-uang.com/seo-onpage-itu-hannya-6-hal-berikut-ini/” => kata kunci yang saya bidik ada di dalam link tersebut.
- Bagian yang kedua adalah link internal. Maksudnya yaitu ada artikel lain yang berkaitan erat dengan artikel yang sedang kita buat. Misalnya saja artikel ini ada membahas tentang “keyword”, maka saya membuat internal link nya dengan artikel yang membahas kata kunci yang lain. Misal “Tips Menulis Artikel SEO dari Pemula Seperti Saya“. Didalam artikel tersebut ada membahas tentang bagaimana mencari kata kunci dan meletakkan kata kunci tersebut dalam artikel
- Link eksternal yaitu link yang mengarah ke-website orang lain. Misalnya saja arikel ini ada membahas tentang SEO onpage, maka ada ada link yang mengarah ke artikel yang sama dari website orang lain. Misalnya “Ingin belajar SEO? Ini tipsnya bagi pemula“.
Seo onpage dengan 6 poin
di atas sebenarnya sudah sangat-sangat baik. Walaupun ada bagian lainnya yang
harus ditambahkan.
Akan tetapi yang paling
penting dari SEO onpage ini juga HARUS didukung dengan kualitas artikel yang
benar-benar baik dan bermanfaat bagi banyak orang. Artikel yang bagus akan
mendapatkan peringkat bagus di Google, dan tidak mudah di geser oleh pesaing
lainnya.
Jadi, apakah Anda hannya
akan mengoptimasi website atau blog hannya menggunakan SEO onpage? Saya rasa
kurang bijak. Gunakan semua cara termasuk sharing di sosial media. Selamat
mencoba.