Belajar Memahami Klik Tidak Sah di Adsense
https://asia-note.blogspot.com/2016/05/belajar-memahami-klik-tidak-sah-di.html
Adsense sangat sensitif
terhadap satu hal ini, sehingga sekali akun dinonaktifkan karena alasan ini,
maka selamanya tidak bisa dipulihkan, berbeda dengan pelanggaran lain, yang
mana kita masih bisa mengajukan banding.
Berikut adalah beberapa poin yang membahas tentang klik tidak sah (invalid click). Karena saya lihat
masih banyak yang belum memahami dengan baik tentang pengertian klik tidak sah
ini.
Klik tidak sah (invalid click)
Yang dimaksud dengan klik
tidak sah adalah semua klik yang tidak akan dibayar oleh Adsense, karena
dianggap merugikan pihak pengiklan. Klik yang ‘dibuat-buat’. Klik yang tidak
alami.
Termasuk di dalamnya
adalah klik yang sama sekali tidak memberi manfaat kepada pengiklan, seperti
klik lebih dari satu terhadap iklan yang sama yang berasal dari satu alamat IP.
Termasuk juga semua klik yang terjadi bukan karena keinginan murni dari
pengunjung, seperti kekeliruan pengunjung dalam mengenali mana iklan mana
konten. Karena itulah ada aturan tersendiri dalam penempatan iklan Adsense.
Nah, kerancuannya disini
adalah, masih banyak yang menyamakan arti bahwa klik tidak sah = klik iklan
sendiri. Ini tidak salah, tapi tidak sepenuhnya benar. Di bawah nanti Anda akan
menemukan penjelasannya. Intinya: klik tidak sah, adalah semua klik yang ‘merugikan
pengiklan dan pada saat yang sama menguntungkan penayang’ tanpa membedakan dari
mana klik itu berasal.
Pelanggaran klik (fraud
click)
Nah, ini yang tidak boleh!
Pelanggaran klik adalah setiap klik yang dihasilkan dengan ‘niat jahat’ dan
penipuan. Ini memang bagian dari klik tidak sah, tapi tidak setiap klik tidak
sah adalah pelanggaran klik. Bagaimana? Sampai di sini saya harap Anda sudah
memahami perbedaannya.
Adapun kegiatan yang dapat
dikategorikan sebagai pelanggaran klik, di antaranya:
- Penayang Adsense mengklik iklannya sendiri.
- Teman atau keluarga atau siapapun mengklik iklan atas permintaan dan atau dengan tujuan keuntungan untuk penayang.
- Program yang memberikan insentif kepada pengunjung, seperti paid to click (PTC) dan click exchanges (pertukaran klik).
- Program klik otomatis, penggunaan robot dan program sejenis itu.
Nah, ini juga nih masih
banyak yang belum mengerti bahwa, prinsip pelanggaran klik ini juga berlaku
pada iklan Adsense dengan sistem BPS (bayar per 1000 tayang), cuma di sini
disebut sebagai tayangan tidak sah (invalid impression). Sumbernya di antaranya
adalah:
- Merefresh halaman berkali-kali, baik dilakukan secara manual maupun otomatis.
- Program insentif, seperti paid to surf (PTS) atau Auto Surf Program.
- Program pihak ketiga yang untuk membeli trafik, seperti Anda bayar $5 per 1000 page view, misalnya.