Cara Mengukur Kualitas Konten Blog

Berikut beberapa petunjuk yang bisa Anda gunakan untuk mengukur kualitas konten blog:

Gunakan Google Analytic
Ya, Google memang menyediakan hampir segala hal. Dan dalam hal produktivitas seorang blogger, Google Webmaster Tool dan Google Analytic adalah dua tool yang sangat membantu.

Anda dapat melacak perilaku pengunjung blog. Anda hanya perlu meletakkan sepotong kode dan Google Analytic segera mulai melacak setiap kunjungan dan perilaku pembaca Anda.





Lalu apa saja dalam laporan Analytic yang bisa digunakan untuk mengukur sejauh mana kualitas konten blog Anda?

Tayangan Laman: Melacak tayangan laman atau pageview dari website Anda. Bila angkanya terus mengalami peningkatan (meski perlahan), itu salah satu tanda bahwa konten blog Anda cukup berkualitas.

Tentu saja ini bukan data yang sempurna untuk menilai kualitas konten blog, tapi bagaimana pun ia adalah faktor utama dalam mengukur kualitas blog Anda secara keseluruhan.

Rasio Pentalan: Atau dalam bahasa Inggrisnya bounce rate, adalah persentase pengunjung yang HANYA membuka 1 halaman di blog Anda lalu pergi, TANPA membuka halaman kedua, ketiga dan seterusnya. Karena itu nilai rasio pentalan harusnya serendah mungkin.

Bila nilai rasio pentalan terlalu tinggi, itu bisa menjadi tanda bahwa ada yang salah dengan blog Anda, entah desainnya, entah penempatan iklannya, dan ya tentu saja: kualitas kontennya! Nilai bounce rate tinggi dapat menjadi salah satu alat ukur bahwa Anda belum berhasil menyajikan konten blog yang berkualitas.

Hasil gambar untuk Cara Mengukur Kualitas Konten Blog


Lalu seberapa nilai bounce rate yang ideal?

Ada banyak jawaban untuk pertanyaan ini, tapi bisa saya sampaikan bahwa tidak ada angka pasti untuk nilai rasio pentalan yang ideal, semua tergantung dari usia, desain dan jenis konten website atau blog Anda sendiri.

Namun demikian, Anda harus tetap berusaha bagaimana menurunkan nilai bouce rate.
Durasi Sesi Rata-rata: Anda perlu memberi perhatian pada angka durasi sesi rata-rata. Angka ini menunjukkan berapa lama pengunjung berada di blog Anda, dan bisa jadi acuan untuk menilai apakah kualitas konten blog Anda sudah baik atau tidak.

Namun sekali lagi, angka ini pun tidak bisa jadi patokan mutlak, karena bergantung jenis konten atau niche blog. Misalnya topik fotografi yang banyak memiliki konten gambar mungkin akan memiliki rata-rata durasi jauh lebih lama dibanding topik teknologi.

Jumlah komentar
Bagaimana jumlah komentar bisa menjadi salah satu indikator kualitas konten sebuah blog? Ya, mudah saja. Orang-orang akan mulai meninggalkan komentar, jika mereka menganggap Anda telah ‘melakukan’ sesuatu yang bagus di topik Anda. Bila Anda mendapatkan banyak komentar, secara umum bisa dianggap, Anda telah menulis konten yang berkualitas.

Namun perlu diingat juga, bahwa banyak orang menulis komentar hanya untuk meninggalkan link ke blog mereka sendiri, dan tentu saja komentar spam semacam ini tidak masuk hitungan.

Tapi jika komentar yang masuk bisa membangun komunikasi atau diskusi hangat, maka itu adalah sebagai tanda bahwa Anda telah mampu menghadirkan konten berkualitas.

Jumlah pelanggan (subscriber)
Jumlah orang yang berlangganan newsletter atau RSS update terbaru blog Anda, adalah pertanda lain bahwa blog Anda memiliki konten berkualitas. Mereka mendapat inspirasi, pencerahan, pembelajaran yang bermanfaat, sehingga mereka perlu dan ingin mengikuti Anda.

Mendapat link dari website / blog lain
Ini adalah tanda lain bahwa Anda berhasil menulis konten berkualitas di blog. Jika orang-orang mulai menyebut, mengutip dan menautkan konten Anda di blog mereka sendiri secara sukarela, maka Anda berhasil membuat konten berkualitas.

Sukarela yang saya maksud di sini, adalah bahwa mereka melakukan itu tanpa ada imbalan apapun dari kita seperti bertukar link atau membayar sejumlah uang. Tapi murni karena mereka tertarik, terinspirasi oleh tulisan-tulisan Anda.

Orang-orang mulai bertanya

Bila Anda aktif di berbagai forum, atau media sosial atau sering mendapat email: “Tolong review website saya, apanya yang salah….?” Atau pertanyaan lainnya sesuai topik blog Anda, maka itu artinya Anda telah mendapat perhatian karena konten berkualitas yang tersaji di blog Anda.

Related

Tips Adsense 3671935944481664725

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item