Facebook Ads vs Google AdWords vs SEO
https://asia-note.blogspot.com/2016/05/facebook-ads-vs-google-adwords-vs-seo.html
Baik bisnis baru atau pun
bisnis yang sudah lama malang-melintang di dunia online, selalu membutuhkan
promosi untuk memperkenalkan atau meningkatkan penjualan produk atau jasa.
Jika anda berpikir untuk
memulai kampanye promosi online, sudah pasti Anda akan menghadapi keraguan
seperti halnya banyak para webmaster lainnya, yakni berusaha mencapai hasil
promosi terbaik dari mesin pencari. Anda akan dihadapkan pada dua pilihan utama
yaitu pay per click advertising (PPC – trafik berbayar) atau organic search
(trafik organik).
PPC atau bayar per klik
menggunakan Google AdWords adalah salah satu cara berpromosi dengan cepat untuk
menampilkan kampanye anda pada halaman utama mesin pencari (sisi kanan dan
atas) yang dihubungkan dengan frasa kata kunci yang diketikkan oleh pengguna.
Silakan buka Google Adwords untuk mengetahui lebih lanjut.
Organic search yang lebih
dikenal dengan istilah SEO (search engine optimization) atau optimasi mesin
pencari, yakni cara alami untuk mendatangkan lalu lintas pengunjung dari mesin
pencari dengan mengoptimasi kata kunci untuk mencapai posisi utama pada halaman
search engine.
Kemudian iklan online yang
mulai diperhitungkan adalah Facebook Ads, yang mampu menjangkau pasar secara
luas dan mengkonversinya menjadi penjualan. Beragam pilihan, mungkin malah
membingungkan dalam menentukan pilihan.
Oleh karena itu, saya coba
akan membahas kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keep reading!
Facebook Ads vs Google AdWords vs SEO
Saya sangat menyukai
Facebook, karena saya adalah pengguna aktif. Mungkin juga dengan Anda termasuk
salah satunya. Yang menarik dari Facebook adalah fiturnya (like and share), di
mana sebuah konten unik dapat menyebar secara luas karena setiap pengguna dapat
saling berbagi yang kemudian memunculkan efek Facebook viral marketing.
Menggunakan Facebook Ads dapat menjangkau pasar berdasarkan geografis pengguna,
usia, pendidikan, dan sebagainya. Dengan kata lain, kampanye Anda dapat
tertarget dengan baik.
Masalah utama dari
Facebook adalah biaya iklan yang lebih mahal dibandingkan dengan Google
Adwords. Ditambah lagi, jika Anda tidak mampu memenej kampanye Facebook Ads
sesuai dengan target pasar anda, maka uang Anda akan terbuang sia-sia karena
tidak mampu menghasilkan penjualan dan tidak efisien. Sebagai catatan, Facebook
sangat baik untuk mempromosikan produk afiliasi.
Google Adwords – di sisi
lain – sangat populer, karena hampir semua pebisnis online menggunakannya untuk
promosi produk mereka. Iklan Google memanfaatkan mesin pencari dan publisher
Adsense untuk menayangkan iklan mereka. Setiap iklan akan muncul tergantung
kata kunci dan lokasi geografis yang ditargetkan oleh pemasang iklan. Jadi,
efektivitas iklan tergantung dari kata kunci yang dipilih. Jika anda tidak ahli
dalam masalah ini, maka anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan
pembeli potensial dari iklan Anda.
Google Adwords sangat baik
untuk bisnis baru yang ingin mempromosikan produk dan meraih penjualan dengan
cepat. Lagi-lagi masalah biaya juga perlu diperhitungkan. Akan sangat tidak
masuk akal jika misalnya penjualan 1 produk Anda menghasilkan keuntungan
Rp100.000 dan Anda bersaing dalam high paying keyword (kata kunci termahal),
dimana biaya per klik mencapai Rp10.000. Dan rasanya tidak mungkin setiap 1
klik iklan akan menghasilkan penjualan, bukan?
Tentunya kampanye promosi
Anda akan sangat tidak efisien. Oleh karenanya, dibutuhkan riset kata kunci
yang tepat dengan hasil pencarian yang tinggi tetapi tidak digunakan oleh para
pesaing Anda, sehingga iklan Anda dapat tertarget baik dan dapat dikonversi
menjadi penjualan.
Nah, salah satu jalan
keluar untuk menanggulanginya, Anda dapat memanfaatkan jasa Adwords profesional
yang akan membantu melaksanakan kampanye iklan Anda secara efektif dan efisien.
Di sisi lain, SEO tidak
membutuhkan biaya per klik, tetapi bukan berarti bebas biaya, hanya saja SEO
akan lebih murah dari media promosi lain (Facebook Ads dan Adwords). SEO
memiliki kualitas lebih baik untuk menjaring pengunjung dan mengkonversi
pengunjung menjadi pembeli, serta lebih tahan lama jika menggunakan cara-cara
yang etis, sesuai dengan kaidah Google.
Masalah utama dalam SEO
adalah waktu. Kampanye SEO akan memakan waktu lebih lama untuk membangun link
guna mengoptimasi kata kunci yang dibidik. Selain itu dibutuhkan pengetahuan
luas tentang teknik SEO. Dengan ketatnya persaingan, semakin hari, semakin sulit
untuk mencapai posisi terbaik dalam SERP (hasil pencarian pada mesin pencari).
Setiap saluran promosi
memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga Anda harus bijak
menggunakannya. Bisnis yang mapan akan memanfaatkan ketiganya untuk mempromosikan
produk dan atau meningkatkan penjualan.
Untuk mengoptimalkan
kampanye promosi Anda agar lebih efisien, baik menggunakan Google Adword,
Facebook Ads atau SEO, salah satu solusi terbaiknya Anda dapat memanfaatkan
jasa profesional yang sudah berpengalaman dalam dunia promosi online.