Riset Kata Kunci Menggunakan Keyword Planner
https://asia-note.blogspot.com/2016/05/riset-kata-kunci-menggunakan-keyword.html
Salah satu hal yang dapat
membantu mendatangkan trafik blog dari segi SEO adalah riset kata kunci
(keyword). Dengan melakukan riset kata kunci (keyword) kita dapat mengetahui
seberapa besar minat terhadap artikel atau kata kunci yang telah kita bidik. Dan
dengan melakukan berbagai optimasi maka potensi untuk mendatangkan trafik akan
menjadi lebih besar.
Dan sebuah blog atau web
yang ingin dibangun dan diharapkan menuai trafik secara organik dan tertarget
diharuskan melakukan riset keyword, Dengan datangnya trafik secara organik maka
mesin pencari akan lebih menyukainya karena dianggap lebih natural.
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam melakukan riset kata kunci menggunakan Keyword Planner, Antara lain ialah :
- Daftar ke Google Adwords
Sebelum bisa menggunakan
Google Keyword Planner, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu
menggunakan akun gmail ke Google Adwords di https://www.google.com/adwords/.
Google Adwords ini merupakan salah satu fasilitas tools gratis yang disediakan
oleh Google untuk melakukan riset pasar internet. Setelah selesai mendaftar
maka Anda akan diarahkan ke halaman selamat datang atau dikenal dengan halaman
Campaigns
Halaman ini difungsikan
untuk melakukan promosi, Tetapi kita sedang membahas cara riset kata kunci
menggunakan keyword planner maka abaikan saja halaman yang satu ini.
- Cara Menggunakan Google Keyword Planner
Saat berada di halaman
Campaigns seperti gambar di atas, Langsung saja klik "Tools" atau
"Alat" ( menu bagian tengah atas ) , Kemudian pilih submenu
"Keyword Planner" atau "Perencana Kata Kunci" ( Lihat
gambar di bawah ).
Tunggulah sebentar hingga
halaman terload seluruhnya, Anda akan masuk ke halaman keyword planner yang
terdiri dari beberapa macam menu pilihan, Antara lain :
Find new keywords : - Search for new keywords using a phrase,
website or category
- Multiply
keyword lists to get new keywords
Plan your budget and get
insights for keywords
- Get search
volume data and trends
- Get click
and cost performance forecasts
Pilih saja yang umum
digunakan "Search for new keywords and using a phrase, website or
category", Setting bagian "Targeting" terlebih dahulu, bila
target yang ingin dituju berada di Indonesia maka lakukan klik gambar pensil
dan masukan kata "Indonesia" pada bagian Locations dan masukan juga
bahasa yang digunakan pada bagian "Language".
Masukan kata kunci
(keyword) yang menjadi target pencarian pada bagian "Your product or
service". Selanjutnya klik "Get Ideas". Dan akan terlihat kata
kunci yang menjadi trend pencarian selama kurun waktu 12 bulan terakhir ( jika
ingin melihat kurun waktu sesuai keinginan bisa dilakukan setting pada bagian
"Date range").
Selain itu hasil
penelusuran target keyword akan memberikan informasi nilai CPC ( Cost Per
Click) dan tingkat persaingan dalam pencarian. Dan jikalau ingin melihat kata
kunci yang terkait dengan keyword utama bisa dilihat di tab "Keyword
ideas".
Secara default hasil yang
ditampilkan oleh Google Keyword Planner merupakan gabungan volume pencarian
kata kunci yang digunakan dari semua perangkat seperti laptop, komputer, dan
mobile, Jika kita ingin menampilkan volume pencarian keywords dari
masing-masing perangkat (laptop, komputer, mobile) maka Anda bisa mengubah
pilihan "Search volume trends" menjadi "Breakdown by
device" maupun pilihan lainnya seperti "Mobile trends",
"Breakdown by location", "Account/plan coverage",
"Compared to competitor domains", "Compared to market leader
domains".
Jikalau ingin menyimpan
hasil riset kata kunci Anda, Klik saja "Download" dan akan terbuka
layar baru yang memberikan pilihan format penyimpanan yang diinginkan berupa
AdWords Editor CSV atau Excel CSV.
Nah, Demikian cara riset
kata kunci menggunakan keyword planner yang sangat bermanfaat untuk mengetahui
tingkat minat terhadap target kata kunci yang menjadi incaran demi sebuah
trafik organik. Seperti yang saya tulis di atas bahwa riset kata kunci ini
hanya untuk mengetahui seberapa besar minat, Anda masih perlu melakukan
berbagai optimasi untuk mengejar target tersebut hingga mendatangkan trafik
yang baik di SERP. Dengan kata lain bahwa riset kata kunci tidak menjamin bahwa
website / blog Anda akan mendapat posisi yang baik di SERP Google.