Cara Mengatasi Laptop Yang Tiba-Tiba Mati




Masalah yang paling umum terjadi adalah laptop tiba-tiba mati total dan tidak bisa dihidupkan lagi. Jika problem ini terjadi, alangkah baiknya mencoba untuk mengatasinya sendiri, tanpa harus merepotkan orang lain.

Cara mengatasi laptop tiba-tiba mati total :


  • Cabut Dan Pasang Kembali Baterai Laptop
Pada tahap awal, cobalah untuk mencabut baterai laptop, kemudian pasang kembali. Setelah terpasang, cobalah untuk menghidupkan laptop. Biasanya hanya dengan cara ini laptop bisa dihidupkan kembali tanpa adanya proses tambahan.


  • Hidupkan laptop menggunakan charger tanpa baterai
Jika langkah pertama belum juga berhasil, cobalah untuk menghidupkan laptop hanya dengan charger langsung, tanpa memasang baterai. Cara ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah baterai mengalami corsleting atau tidak. Sebab, saya pernah mendapatkan beberapa kasus ternyata baterailah yang menyebabkan laptop tidak bisa dihidupkan. Setelah dicabut, biasanya laptop bisa dihidupkan jika memang benar baterai tersebut mengalami corsleting.


  • Cabut memory dan pasang kembali 
Selanjutnya cabutlah memory, bersihkan memory tersebut dan pasang kembali. Kemudian cobalah untuk menghidupkan laptop yang mati tersebut. Jika belum ada respon sama sekali, cobalah hidupkan laptop tanpa memory dan lihat apa yang terjadi. Jika berbunyi beep panjang, matikan laptop dan pasang kembali memorinya, kemudian hidupkan kembali laptop tersebut. Sebab, banyak masalah mati total terjadi akibat memory yang kotor dan rusak. Oleh karena itu coba dulu cara tersebut. Untuk tambahan, silahkan baca mengatasi memory laptop rusak.


  • Ganti processor
Coba gantilah processor laptop dengan yang sejenis, lalu lakukanlah pengetesan. Jika laptop bisa dihidupkan, berarti processorlah yang mengalami kerusakan.


  • Bongkar dan bersihkan laptop
Pada tahap ini sepertinya sedikit lebih rumit, karena dibutuhkan sedikit pengetahuan tentang bongkar-membongkar. Yang harus lakukan adalah membongkar laptop, mencabut komponen-komponen yang bisa dicabut seperti hard disk, memory, DVD drive, processor, wifi card dan lain-lain.

Membersihkan komputer dan laptop dari debu sangatlah penting. Karena debu yang menumpuk pasti akan mengganggu perangkat di dalam casing komputer atau laptop itu sendiri.

  • Lakukanlah pengetesan, tapi tidak usah dipasang utuh ya, cukup lakukan tes diluar casing saja.
Jika belum berhasil juga, cobalah hidupkan laptop hanya dengan processor dan memory saja, cabut semua komponen seperti DVD drive, hard disk, wifi card dan lain-lain. Ini juga untuk melihat apakah ada diantara komponen-komponen tersebut yang mengalami corsleting. Sebab banyak kasus laptop mati total akibat adanya korsleting di beberapa komponen tersebut. Sehingga, jika terpasang di mainboard akan menyebabkan laptop tidak bisa dihidupkan, jika langkah demi langkah diatas belum ada yang berhasil, dapat dipastikan terjadi kerusakan pada bagian mainboard, entah biosnya rusak atau chipset mainboard tersebut yang rusak. Segeralah membawa laptop ke tempat spesialis reparasi mainboad.


Related

Service Computer 6438369715007508314

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item