Laptop Atau Komputer Mati Akibat Overheating (Panas Berlebih)


Laptop atau komputer adalah perangkat yang membutuhkan daya listrik, untuk itu Laptop atau computer akan mengalami panas saat beroperasi, panas yang di timbulkan pada masing masing laptop atau computer tidak sama tergantung lama pemaiakan dan jenis laptop atau computer yang dipakai, perlu diketahui bahwa panas berlebih pada laptop atau computer akan menyebabkan banyak kendala misalnya laptop atau computer tiba tiba mati saat kita sedang asik memainkan laptop atau computer


Dalam berbagai kasus laptop yang sering mati, terdapat satu penyebab yang berasal dari rusaknya fan/kipas pendingin "heat sink" di dalam laptop. Jika kipas pendingin tersebut telah rusak, dapat dipastikan prosesor akan mengalami panas di atas suhu standar. Sehingga mengakibatkan sistem di dalam mainboard mematikan laptop secara otomatis. Oleh karena itulah laptop menjadi mati sendiri.
Banyak pelanggan yang mengeluh, bahwa laptop mereka mati dalam hitungan menit setelah laptop dihidupkan. Padahal, mereka selalu menghidupkan laptop dengan cara yang benar. Tapi tetap saja, laptop mereka menjadi mati.
Kebanyakan setelah dilakukan pembongkaran ternyata fan/kipas di dalam laptoplah yang mengalami kerusakan. Seperti saya jelaskan sebelumnya bahwa jika kipas yang mendinginkan heat sink pada laptop telah rusak, maka laptop menjadi mati mendadak saat dipakai. Dan masalah seperti itu juga merupakan kerusakan yang sering terjadi pada laptop acer 4738.


Jika kipas laptop telah rusak, sebaiknya melakukan pengetesan dengan meminjamkan fan/kipas dari laptop lain yang sejenis. Tentunya dengan kipas yang masih berfungsi. Jika laptop telah dihidupkan dan kipas lain tersebut bisa berputar normal, berarti memang fan di laptop telah mengalami kerusakan.

Silahkan hidupkan laptop dengan kipas pinjaman itu, dan gunakan terlebih dahulu laptop dalam waktu yang cukup lama. Jika sudah tidak ada masalah lagi, berarti tinggal mencarikan kipas baru yang sesuai untuk laptop di toko komputer terdekat.

Berdasarkan pengalaman sih, harga untuk sebuah kipas laptop ada pada kisaran 200-400 ribu rupiah. Nah, tapi masing-masing daerah tentunya memiliki harga yang tidak sama. Oleh karena itulah silahkan ditanyakan di toko komputer di daerah, jika kipas laptop belum diganti, jangan coba-coba untuk sering menghidupkan laptop. Sebab jika memaksanya, akan sangat berbahaya bagi prosesor. Jika prosesor telah rusak, maka biaya perbaikan untuk laptop lebih tinggi lagi.


Related

Tips Computer 6497420367067636838

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item