Sejarah Perkembangan Prosesor

Sebagai otak paling penting setiap gadget komputasi modern, central processing unit atau CPU merupakan bagian tak terpisahkan dari setiap dekstop, laptop, ponsel, atau tablet.
Pertama kali, istilah prosesor diperkenalkan di tahun 70-an. Hal tersebut sangat berdampak pada implementasi CPU (Central Processing Unit) yang dipakai pada setiap PC yang beredar saat ini. Penggunaan prosesor pada PC sebagai pusat pemrosesan data membuat perangkat tersebut dikenal dengan istilah CPU. 
Setiap tahun, lembaran silikon ini semakin kecil, lebih kuat, dan lebih hemat energi. Itu kabar baik bagi para pakar gadget, sebagai perangkat menjadi lebih cepat, lebih ringan, dan umumnya lebih mengesankan sebagai hasilnya.





Melihat dari tahun ke tahun perkembangan prosesor semakin meningkat baik dari segi kapasitas maupun kemampuan prosesor itu sendiri. Perkembangan prosesor sangat dibutuhkan untuk membantu dalam pengembangan software yang mana perkembangan software juga saat pesat oleh sebab itu prosesor harus mengimbanginya dengan terus ditingkatkan kemampuannya. Para produsen penghasil prosesor terus mengembangkan kinerja prosesor mereka.

Ada beberapa pemain prosessor namun yang paling dominan di pasar desktop dan laptop adalah Intel dan AMD.

  1. Intel
  2. AMD
  3. ARM
  4. CYRIC
  5. TRANSMETA
  6. VIA
  7. CENTAUR



Related

Ilmu Computer 3123502285683143337

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item