Tips Memperbaiki Flasdisk Yang Rusak

Apa yang terjadi ketika flashdisk dicabut tanpa dieject terlebih dahulu? Kemungkinan besar flashdisk akan mengalami resiko kerusakan dan menjadi tidak bisa diakses. Karena tanpa dieject akan merusak tabel partisi.


Gunakan Partition Wizard, yaitu sebuah software untuk membuat partisi dan juga bisa untuk memperbaiki kerusakan pada tabel partisi untuk media penyimpanan seperti hardisk maupun flashdisk. Berikut tutorial singkat bagaimana cara merecovery flashdisk yang tidak bisa terbaca.

1. Konek Flashdisk ke PC
Recovery ini hanya memungkinkan jika flashdisk masih terdeksi di komputer. Drive flashdisk akan muncul tetapi tidak bisa diakses karena partisi rusak.
memperbaiki flashdisk rusak
Folder dan file tidak muncul, hanya ada keterangan seperti gambar diatas “Please insert a disk into the Removable Disk drive” atau keterangan lain seperti “Format the disk in the drive to use it.”
format flashdisk error
Error yang muncul berbeda-beda tergantung kerusakan pada flashdisk. Untuk itulah kita gunakan Partition Wizard untuk menyelamatkan flashdisk
2. Instal dan Jalankan Program Partition Wizard
Download software Partition Wizard dan jalankan. Ikuti langkahnya sampai selesai. Untuk menjalankan kita perlu memberi akses sebagai administrator.
software aplikasi recovery partition wizard
3. Cari driver flashdisk yang rusak
Partition Wizard akan menampilkan semua drive dimenu utama. Flashdisk atau Sdcard yang rusak akan tampil tanpa ada partisi. Biasanya akan tertulis “unallocated” pada flashdisk yang error.
cara memperbaiki flashdisk error
4. Jalankan menu Partisi Recovery Wizard
Partition Wizard dapat dijalankan dari menu samping atau dari menu pada bagian atas.
software partisi flashdisk
5. Pilih drive yang akan direcovery
Pertama kita klik pada drive yang akan direcovery. Tekan lalu klik Next >
tutorial recovery usb drive rusak
6. Scan seluruh drive untuk mencari partisi
Partition Wizard dapat menscan semua drive atau hanya drive tertentu saja. Karena ini hanya flashdisk kita pilih full scan lalu tekan Next >
cara memperbaiki sd card rusak
7. Pilih metode scan
Partition Wizard mempunyai 2 metode yaitu Quick Scan dan Full Scan. Quick Scan adalah pilihan terbaik disemua situasi. Gunakan full scan hanya jika Quick Scan tidak berhasil merecovery partisi.
tutorial recovery data flashdisk
8. Pilih partisi yang akan direcovery
Pada tampilan layar berikutnya, Partition Wizard akan menampilkan partisi yang ditemukan setelah discan. Biasanya disini akan muncuk 1 partisi. Pilih partisi tersebut dengan memilih cek pada menu.
partisi flashdisk rusak
Jika drive sudah sering dipartisi maka disini akan muncul banyak partisi, sehingga akan terlihat partisi yang sudah lama. Pilih partisi yang masih bagus dan akurat.
9. Terapkan perubahan
Partition Wizard tidak akan memperbaiki partisi drive sebelum kita menekan “Apply Changes”.
servis flashdisk usb sdcard
Kita akan diminta apakah akan menerapkan perubahan partisi. Tekan Yes dan tunggu hingga proses selesai. Sekarang flashdisk anda sudah bisa digunakan lagi. Coba untuk dicabut dan colok kembali jika tidak kedetek.

Related

Flashdisk 2116079626410650089

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item