Pengertian Driver Pada Komputer

Driver pada hakikatnya driver merupakan suatu software atau perangkat lunak namun memiliki fungsi yang sedikit berbeda. Keberadaan driver dalam suatu perangkat komputer adalah sebagai komponen penunjang yang bersifat khusus. Dikatakan khusus karena dengan adanya driver maka terjadi interaksi antara suatu komputer dengan hardware – hardware seperti Wi-Fi, LAN, Printer, Mouse, Keyboard atau bahkan dengan sistem – sistemnya seperti BIOS atau VGA.

Hal ini dilakukan karena pada dasarnya meskipun komputer memiliki kecerdasan dan aturan yang terstruktur namun tetap harus disertai suatu panduan agar kinerjanya dapat berjalan lebih optimal. Salah satu contoh penerapan driver adalah ketika mengoptimalkan kinerja VGA atau Video Graphics. Sebelum terinstall driver VGA biasanya komputer akan lebih boros karena setting VGA-nya kurang optimal, namun setelah terinstall maka pencahayaan pada layar anda akan lebih redup atau terkontrol sehingga laptop atau PC anda tidak terlalu boros.

Mengingat driver berinteraksi antara hardware, software dan sistem operasi maka pada setiap spesifikasi komputer dan OS yang terpasang tentu memerlukan jenis driver yang berbeda – beda. Biasanya anda dapat mendownload driver pada website resmi merk komputer anda seperti ASUS, Lenovo, HP, Dell dan lain – lain. Hal ini sudah menjadi kebijakan dari penyedia komputer sebagai support atau komponen pendukung sehingga dapat di download secara gratis.
Fungsi Driver


Meskipun bersifat sebagai software namun suatu driver memiliki fungsi khusus tersendiri yang berkaitan dengan hardware ataupun OS komputer anda. Fungsi driver adalah sebagai panduan atau pengendali agar komputer anda dapat mengenali serta menjalankan hardware yang sudah terpasang sebelumnya. Kinerja driver dalam suatu komputer diibaratkan sebagai sebuah buku panduan untuk masing – masing jenisnya, apabila driver LAN berarti seperti buku panduan untuk menjalankan fungsi LAN secara optimal, jika yang diinstal adalah driver VGA berarti seperti buku panduan untuk mensetting VGA secara optimal.

Bahkan seringkali ditemukan suatu perangkat tidak dapat dijalankan seperti Wi-Fi, Bluetooth dan lain – lain. Hal ini bisa jadi diakibatkan driver yang belum terinstall atau belum diupdate. Kegiatan install ulang OS juga biasanya disertai dengan install driver agar lebih memudahkan konsumennya. Dengan melihat realitas ini maka dapat dipastikan fungsi driver memang sangat penting terutama dalam pengoperasian perangkat – perangkat komputer

Related

Info Up Date 2552286813172554138

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item