Definisi Web / Blog

Apa pengertian blog? Jenisnya apa saja? Apa beda blog dengan website? Apa pula yang disebut microblog dan spam blog?


Pengertian Blog

Blog –singkatan dari web log— adalah situs berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web, yakni sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui intenet. (Wikipedia)

Secara bahasa (Inggris), web artinya jaringan; log artinya buku harian atau catatan. Dengan demikian, blog bisa dikatakan sebagai catatan harian yang tersaji secara online (online diary), yaitu catatan pribadi seorang blogger (pemilik blog) tentang apa saja yang ia alami, rasakan, dan ketahui.



Dari berbagai definisi blog yang bisa kita temukan via Googling, umumnya ada kata-kata "tulisan yang tampil dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama)", meskipun tidak selamanya demikian. Salah satunya mengatakan:
Aa blog is a type of website that is usually arranged in chronological order from the most recent ‘post’ (or entry) at the top of the main page to the older entries towards the bottom.

Pengertian blog paling umum dan mudah dipahami adalah definisi dari Computer Glossary of Terms yang mencantumkan tiga istilah sekaligus: blog, blogging, dan blogger:
‘From “Web log.” A blog is basically a journal that is available on the web. The activity of updating a blog is “blogging” and someone who keeps a blog is a “blogger.”

Blog pada dasarnya adalah jurnal yang ada di web. Aktivitas updatenya disebut blogging dan seseorang yang "ngeblog" disebut blogger.

Berikut ini beberapa buku yang bisa di download sebagai acuhan dalam pembuat web/ Blog :




3 Langkah Menjadi Seleb Blogger


WordPress on Windows


Tutorial Membuat Favicon Sederhana


Panduan Wp Robot dan Cara Optimasinya


Blogger Express Cepat dan Tepat Belajar Blogger.com


9 Hal yang Harus Diketahui Blogger


Trik Menulis Indah di Blog


Plugin WordPress Terbaik


Panduan Membuat Blog di Blogspot


1000$ per Bulan dari Google Adsense dan Blogspot


35 Kiat Sukses Promosi Blog


Traffic Sakti


Related

Web / Blog 7200039045654096546

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item