Bermain Game Lebih Mudah Dengan Mini Bluetooth Gamepad

Kembali ke hari di masa paling berjayanya era PlayStation 1, kita bermain game dengan mengandalkan sebuah controller untuk melakukan interaksi dengan game yang kita mainkan. Namun untuk saat ini, tradisi bermain game dengan controller sudah sangat jarang terlihat dimana-mana, orang-orang lebih suka memainkan game melalui smartphone ataupun PC atau laptop yang mereka miliki, dan interaksi yang di lakukan pun berbeda seperti mengandalkan jari atau tangan untuk smartphone dan keyboard dan mouse untuk pengguna PC dan laptop.

Itu yang paling umum, mungkin masih ada controller tambahan lainnya. PC atau laptop maupun smartphone memiliki game-game yang ditulis dalam bahasa programming yang berbeda seperti smartphone Android dengan gamenya di tulis dalam bahasa Java dan game yang paling populer yang dimiliki adalah seperti Clash of Clans atau Plant vs. Zombies 2.





Game untuk PC atau laptop sendiri ditulis dalam bahasa programming yang berbeda seperti C, C++ dan masih banyak lainnya, game yang populer di antaranya seperti League of Legends, DotA 2 dan Counter-Strike.

Masing-masing memiliki keunikan game untuk masing-masing device, namun ada beberapa game yang hanya tersedia pada console seperti Final Fantasy VII, Megaman X6, Alundra 2 dan masih banyak judul game lainnya dan dari masing-masing game tersebut hanya bisa anda mainkan dengan mengandalkan controller console.

Lebih detail dengan controller console bisa anda lihat pada gambar berikut,

Bermain Game



Bagi anda yang masih baru dengan controller seperti ini dan merasa bingung dengan banyak tombol-nya yang terdapat controller ini, saya janji anda akan menyukainya setelah anda memainkan satu game dengan menggunakan controller ini. Anda hanya perlu terbiasa dan kamu akan mendapat pengalaman yang berbeda dan baru atau bahkan akan lebih baik daripada dengan game controller yang anda gunakan sekarang (rujuk ke keyboard atau mouse).

Notice : Di sini saya tidak mencoba menekankan bahwa game console sudah pudar, jawabannya adalah tidak, Sony yang merilis PlayStation masih meng-update-nya dan sekarang anda bisa melakukan pembelian PlayStation yang merupakan PlayStation terbaru untuk saat ini. Oh, di samping itu ada juga rival PlayStation yang bernama Xbox anda mungkin juga ingin meng-ceknya.

Ini pun segera menjadi sebuah masalah, dengan masih banyak orang yang masih ingin merasakan game yang mereka mainkan pada jaman sekolah mereka dengan menggunakan controller console atau joystick baik itu sekadar nostalgia ataupun sebagai kesenangan se-mata di banding dengan menggunakan touchscreen untuk interaksi dengan game yang mereka mainkan. Namun sekarang masalah itu terpecahkan dengan dirilisnya Bluetooth game pad.

Bluetooth Gamepad

Berikut gambar Bluetooth gamepad:

Bluetooth gamepad 


 Bagaimana cara kerja Bluetooth gamepad?

Jangan khawatir, jika dulunya anda sering mengirim gambar dari smartphone anda ke smartphone teman anda melalui Bluetooth, namun sebelumnya anda harus terhubung / pair terlebih dahulu dengan target yang ingin anda kirimi (dalam hal ini, target anda adalah smartphone teman anda). Terhubung ini layaknya smartphone anda dengan teman anda berteman dan biasanya teman ini valid setelah memasukkan kode konfirmasi.

Bluetooth gamepad juga mengadopsi cara ini, smartphone yang anda miliki harus ‘berteman’ atau terhubung terlebih dahulu dengan game pad tersebut dan setelah semua proses selesai, anda sudah mulai bisa menggunakan controller tersebut.

Saya telah selesai menghubungkan gamepad dengan smartphone saya, bagaimana dengan game favorit yang ingin saya mainkan, dimana saya bisa mendapatkannya?

Jika anda pernah memainkan game console pada PC atau laptop anda dengan menggunakan emulator yang bisa anda dapatkan secara gratis melalui bantuan mesin pencari, maka pada smartphone cara ini pun berlaku sama. (Dalam artikel ini saya juga memberikan link bagi anda yang ingin mendownload emulator tersebut).

Berikut emulator untuk smartphone Android yang bisa anda coba berserta download link :

Fpse [Version : 0.10.57, Size : 1.7MB]
Download link : Fpse

Psx4droid [Version : 3.0.5, Size : 3MB]
Download link : Psx4droid

Notice : File di atas dalam format RAR dan ZIP yang berarti anda membutuhkan software ataupun apk seperti WinRAR untuk meng-ekstraknya file di dalamnya terlebih dahulu sebelum melakukan peng-installan.

Untuk game-nya sendiri bisa anda dapatkan dari situs Emuparadise. Klik pada situs tersebut dan carilah game favorit anda semasa kecil, satu game bisa mengambil ruang penyimpanan sebanyak 300MB, jadi saya sangat menyarankan anda menyisikan terlebih dahulu internal memory anda.

Notice : Emulator yang di sediakan di sini merupakan aplikasi legal, namun untuk game-nya sendiri tidak. Game tersebut memiliki hukum tersendiri, jadi pastikan anda memiliki ijin special dari perusahaan yang berkaitan sebelum anda menggunakannya untuk aktivitas anda.

Masih ada beberapa yang harus anda ketahui tentang emulator itu sendiri. Emulator merupakan aplikasi yang tergolong cukup berat, dalam beberapa game emulator akan mengambil hampir seluruh sumber pada smartphone anda untuk menimbulkan efek yang lebih halus dan tajam pada grafik game yang anda mainkan. Namun dengan ini meng-artikan smartphone anda dipaksa untuk bekerja dalam keadaan maksimal yang tentunya akan membuat smartphone anda cukup panas dan fatalnya smartphone anda akan sangat cepat rusak.

Untuk masalah ini anda bisa mencoba memainkan game dalam tempat yang suhu yang lebih rendah atau dalam tempat dalam keadaaan ber-AC.

Untuk meng-setting gamepad (tombol controller) bisa langsung melalui aplikasi emulator itu sendiri, namun sebelumnya usahakan controller anda sudah terhubung menggunakan Bluetooth.

Selain game, apakah ada fungsi lain?

Fungsi lain dari keuntungan memakai Bluetooth gamepad ini adalah anda bisa menggunakannya untuk mengambil selfie.

Bagaimana cara ini gamepad ini bekerja sebagai layanan selfie? Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada video berikut ini :


Lagi, hidupkan bluetooth anda dan bukalah aplikasi kamera anda. Dari sini semuanya di buat mudah, anda cukup menekan yang telah disediakan fungsinya dan *selesai* anda telah menyimpan foto selfie anda ke dalam smartphone anda. Cara ini bisa anda akalin dengan meng-set timer pada aplikasi kamera anda, namun saya pastikan dengan gamepad ini hidup anda akan di buat lebih mudah karena sangat praktis (bentuknya yang kecil).

Notice : Dalam video di atas, Bluetooth game pad yang digunakan merupakan ukuran kecil, namun fungsi utama tetap sama.

Anda juga bisa memutar ataupun mengganti lagu anda dengan menggunakan gamepad ini.

Penutup

Sekarang anda sudah mengetahui apa saja kegunaan dari game yang mengandalkan Bluetooth. Kabar baiknya, dengan adanya benda yang praktis seperti ini menandakan bahwa teknologi Bluetooth akan masih aktif untuk beberapa tahun kedepan walaupun saya mempunyai perasaan bahwa Bluetooth akan di buang oleh orang-orang karena kecanggihan teknologi sekarang. Saya membicarakan contoh yang simpel seperti mengirim gambar melalui Bluetooth, anda juga bisa mencapai tujuan ini dengan menggunakan aplikasi seperti BBM atau Whatsapp bukan?


Dari semua itu semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan jika anda mempunyai pertanyaan anda bisa menggunakan kolom komentar di bawah, saran dan kritik sangat dibutuhkan dari anda.

Related

Game For Android 4103585997633637505

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item