Mengenal Perbedaan SSD dan HDD Pada Komputer


Untuk anda yang sudah terbiasa dengan dunia PC atau laptop, maka anda pasti sudah tidak asing dengan istilah SSD atau HDD. Keduanya adalah sama-sama sistem penyimpanan data dengan bentuk eksternal yang memang difungsikan sebagai tempat menyimpan berbagai data dan instalasi data di komputer atau laptop anda. Namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari segi kualitas dan kemampuan.

Kepanjangan dari SSD sendiri adalah Solid State Drive dan HDD adalah Hard disk drive. Harga dari SSD jelas jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan perangkat HDD karena memang memiliki kinerja lebih canggih dan lebih cepat dalam hal membaca data dan memproses baca tulis data. Selain itu ukuran dari SSD juga lebih kecil dan lebih ringan jika dibandingkan dengan HDD.



SSD sendiri membawa serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Sebenarnya SSD ini sistem kerjanya hampir sama dengan flash disk yang biasa kita bawa kemana saja. Bahkan beberapa pihak menyebut SSD ini adalah varian lebih canggih dari flash disk dan tentunya mengusung kapasitas yang jauh lebih besar dan teknologi yang lebih unggul.
Sementara itu jika kita membicarakan perangkat HDD, saat ini memang sudah tergolong tertinggal teknologinya karena masih menggunakan teknologi mekanik untuk mangambil dan menyimpan data atau Informasi, sedangkan SSD bergerak secara elektrik untuk menyimpan dan mengambil data atau informasi. Tentu SSD bekerja lebih cepat dibandingkan dengan perangkat HDD.

Pada sektor komponen, SSD sudah menggunakan flash memori berbasis NAND. Ini merupakan jenis memori Non-Volatile. Disini arti dari Non-Volatile ini adalah teknologi yang masih mampu menyimpan data walaupun tegangan suplai nya dimatikan. Sehingga data akan lebih aman dan sulit hilang meski dalam kondisi yang tidak ada suplai listrik sekalipun atau konslet.


Banyak yang mengklaim jika data yang disimpan dengan SSD diperkirakan akan mampu tersimpang hingga 200 tahun lamanya tanpa takut tiba-tiba hilang. Tentu saja sebuah kemajuan sangat pesat dalam dunia Hard Drive komputer. SSD saat ini memang masih menjadi yang terbaik dan primadona, namun pasar perangkat HDD sendiri tidak lantas sepi karena peminat HDD juga masih sangat besar. Hal ini karena memang harga HDD jauh lebih terjangkau.

Related

Ilmu Computer 4968455257131099837

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item