Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet Dan Tidak Mudah Rusak


  • Jangan sering mencabut pasang baterai laptop

Tips merawat baterai laptop yang pertama adalah, jangan sering melakukan cabut pasang baterai laptop kalau tidak perlu. Biarkan saja baterai tetap terpasang saat gunakan untuk bekerja, atau melakukan hal-hal lainnya.
Mencabut dan pasang kembali baterai laptop terlalu sering justru dapat membuat baterai laptop cepat rusak. Biasanya, baterai akan cepat menjadi full saat diisi, dan menjadi cepat lowbat saat digunakan.


 
  • Cas dalam keadaan Laptop hidup

Untuk melakukan pengisian daya atau charging terhadap baterai laptop, alangkah baiknya kalau laptop dalam keadaan hidup. Karena pada saat laptop hidup, dengan mudah bisa mengetahui kalau baterai yang dicas telah penuh. kemudian harus mencabutnya.

Kalau ada yang mengatakan bahwa ngecas laptop itu bagusnya dalam keadaan mati, ya silahkan diikuti kalau mau. Perlu diketahui bahwa laptop itu tidak sama dengan HP, yang HP itu memang lebih baik dicas dalam keadaan mati. Sebab pengontrol daya baterai pada laptop tidak sebaik HP. Jadi, kalau memaksakan mengisi daya untuk laptop dalam keadaan mati, dikhawatirkan saat pengontrol daya laptop telah bermasalah, maka pengisian daya di baterai menjadi over alias berlebihan.

  • Matikan Laptop, Saat Baterai Laptop Sudah Panas

Mematikan dan mengistirahatkan  laptop kalau kiranya laptop telah panas. Untuk mengetahuinya, silahkan sentuh saja pada bagian baterai laptopnya. Kalau panasnya telah berlebihan, ya berarti harus menghentikan sesaat kegiatan. Apakah sedang main game atau bekerja, paling tidak istirahatkanlah laptop sampai menjadi dingin.


Kalau tetap  memaksa laptop dalam keadaan panas seperti itu, dikhawatirkan baterai akan melembung/membengkak, baterai tidak mau mengisi, yang pada akhirnya akan rusak. Tips dari saya, gunakan juga kipas pendingin laptop agar suhu laptop tidak terlalu panas saat digunakan.

  • Buka Baterai Laptop Dan simpan

Jika ingin benar-benar membuat baterai laptop kesayangan tetap awet dan bisa digunakan berjam-jam meskipun umurnya sudah 3 tahunan, caranya simpel sekali. Saat menggunakan laptop, apakah untuk bekerja atau bermain game, buka saja baterainya dan simpan.

Hidupkan dan pakai laptop dengan menggunakan cas ke listrik secara langsung tanpa baterai, karena

Komponen lain bisa cepat rusak kalau colok langsung dari adaptor tanpa baterai? Sebab yang pertama arus dari charger akan langsung masuk semuanya ke mainboard. Otomatis, arus yang (bisa jadi) tidak stabil akan membuat mainboard menjadi bermasalah. Dan jika mainboard bermasalah, harganya lebih mahal dibanding baterai laptop yang baru.

Yang kedua, saat mati lampu kan otomatis laptop akan mati mendadak. Nah, kalau hal ini sering terjadi maka hard disk akan menjadi bad sector dan cepat rusak.


Related

Tips Computer 5291815240459981659

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item