Video Tidak Bisa Diputar Di Powerpoint


Pada saat kita membuat naskah presentasi powerpoint perlu kita pahambi bahwa tidak semua video yang dimasukan dapat diputar secara langsung, jangankan untuk memutar video di powerpoint, memasukan videonya saja pun tidak bisa. Setelah meng-insert video yang saja ambil dari youtube, muncul notifikasi seperti dibawah ini.


Berikut sedikit solusi video tidak bisa diputar di powerpoint.

notifikasi video tidak bisa diputar di powerpoint

Maksudnya

Powerpoint tidak dapat menyisipkan video dari file yang dipilih. Verifikasi apakah sumber file dan format file benar dan cobalah untuk menginstal Apple QuickTime player versi terbaru, muat ulang Powerpoint lalu coba lagi.
Kegunaan dari Apple QuickTime itu ialah sebagai codec, Codec ialah sebuah program yang digunakan komputer untuk membaca file video/audio sehingga file tersebut dapat diputar.  Powerpoint secara default dapat memutar video dengan format file .asf, .avi, .mp4, .m4v, .mov, .mpg, .mpeg, .swf, dan .wmv serta dapat memutar audio dengan format file .aiff, .au, .mid, .midi, .mp3, m4a, .mp4, .wav, dan .wma.

  • Penyebab video tidak dapat disisipkan di Powerpoint

Mayoritas masalah ini terjadi karena masalah codec. Contohnya ialah video hasil download. Tetapi tidak semua video hasil download akan berakibat seperti ini karena masih banyak faktor lainnya. Selain itu, terkadang format file mendukung (contoh: .mp4) dan juga bukan hasil download tetapi tetap tidak bisa disisipkan kedalam Powerpoint. Memang codeclah penyebabnya.

  • Solusinya

Install codec. Ada banyak macam codec, diantaranya ialah ffdshow, QuickTime, dan DivX. Namun saya hanya akan berbagi tentang QuickTime. Download QuickTime Player. Klik tulisan "Download Now" dan file akan terdownload otomatis.

Setelah itu install seperti biasa.

menginstal codec apple quicktime

Selesai menginstal, buka kembali Powerpoint dan coba sisipkan video yang tadi tidak bisa diputar atau disisipkan sebelumya. Setelah disisipkan, coba putar video tersebut. Jika berjalan seperti sebagaimana mestinya, berarti masalah teratas.

memutar video di powerpoint

Jika ingin presentasi yang Anda buat ditayangkan dikomputer lain dan Anda khawatir video yang ada tidak bisa diputar, maka Anda harus melakukan Optimisasi Media. Caranya yaitu klik tab File lalu pilih bagian Info dan klik iconOptimize Compability.

optimisasi media di powerpoint

Tunggu hingga proses selesai dan klik Close.

proses optimisasi video

Video sudah dapat diputar dikomputer lain walaupun dikomputer tersebut belum terinstal codec tambahan.

Selain karena masalah codec, ada juga beberapa masalah lain video tidak bisa diputar di Powerpoint. Diantaranya ialah:
  1. Jika menggunakan hyperlink, pastikan bahwa sumber video (path) sesuai denganlink yang ada pada slide presentasi,
  2. Bisa jadi file video terhapus atau terubah ekstensinya. Contoh: file asli bernama "Video.mp4" namun terhapus  atau terubah file ekstensinya dan menjadi "Video". Solusinya ialah, ubah nama file tersebut sesuai dengan aslinya,
  3. File rusak atau corrupt, solusinya yaitu mengganti file tersebut dengan file yang baru.



Related

Tips Computer 7475420822900720942

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item