Apa Itu Hardisk SCSI

SCSI adalah interface yang lebih cepat yang dipasang pada CPU anda dan memungkinkan untuk multitasking yang lebih baik. SCSI interface juga memerlukan SCSI card. SCSI sangat jarang digunakan untuk system desktop pribadi, tetapi untuk para user yang menginginkan performa yang terbaik SCSI adalah solusinya. IDE adalah interface yang lebih umum daripada SCSI. IDE juga jauh lebih murah. Seiring berjalannya waktu IDE sudah dapat mendekati batas kecepatan SCSI. Tetapi, jika anda adalah salah satu dari para user yang menginginkan komputer dengan performa terbaik, SCSI adalah salah satu alasan mengapa anda ingin merakit komputer anda sendiri. Jika anda mampu menjalankan SCSI selanjutnya anda seharusnya memiliki SCSI CD ROM Drive sejak SCSI CD ROM Drive tidak terlalu mahal dibandingkan dengan SCSI Interface.



Alasan lain untuk menjalankan SCSI adalah jika anda menginginkan banyak peralatan dalam komputer anda (IDE hanya bisa menjalankan 4 peralatan), anda sangat membutuhkan drive yang berkecepatan tinggi yaitu sekitar 10.000 RPM, atau anda menginginkan CD ROM Burner. CD ROM Burner bekerja dengan baik hanya pada waktu anda memasang SCSI. Dan mereka akan bekerja dengan baik selama mereka tehubung dengan SCSI hard drive dan SCSI CD ROM Drive. Terutama untuk membuat CD menjadi CD Copies SCSI menjadi kurang penting untuk CD Burning yang telah dilengkapi dengan teknologi “burn proof” di CD Burner yang terbaru.






FUNGSI SCSI

SCSI (Small Computer System Interface), merupakan interface yang paling umum digunakan pada server high-end. Jika ATA dan S-ATA merupakan standar PC Desktop, maka SCSI hanya ada pada sistem Server saja. Dengan SCSI (misal : Hard Disk), maka transfer data yang diolah pada komputer akan lebih cepat & efisien dibandingkan dengan ATA. Contohnya, pada satu kabel SCSI dapat di-instalasikan sekitar 15 devices sekaligus dengan panjang 1,5 m. SCSI juga bekerja lebih cepat dari ATA dan sangat efisien dalam pengolahan data-data kapasitas besar.
SCSI mempunyai beberapa type, seperti SCSI Ultra160 dan SCSI Ultra320. Ultra160 artinya HDD memiliki transfer rate 160 MB/s, sedangkan Ultra320 dengan transfer rate 320 MB/s. SCSI juga memiliki dua macam konektor, yaitu SCSI 68-pin dan 80-pin SCA (Single Connector Attachment). Yang paling umum digunakan adalah SCSI 68-pin.

SCSI sendiri masih menggunakan pengolahan parallel, dan teknologi-nya akan segera digantikan dengan SAS (Serial Attached SCSI).

SCSI CardSCSI (cara bacanya scuzzy) merupakan kependekan dari Small Computer SystemInterface, yang menghubungkan peripheral computer seperti harddisk, drive optik (sepertiCD-ROM/DVD-ROM, CD/DVD-RW), scanner atau tape backup.SCSI menggunakan slot PCI yang ada di motherboard. SCSI dikenal sebagai teknologiyang lebih maju dibadingkan teknologi IDE (Integrated Drive Electronic). Kebanyakanharddisk adalah IDE yang controllernya telah tertanam di motherboard. Beda halnyadengan SCSI yang membutuhkan dukungan SCSI card.Ada beberapa versi dari SCSI card, bergantung pada connnectornya (penghubung) danteknologi yang diusungnya;* 25-pin SCSI card controls, versi asli dari SCSI devices* 50-pin SCSI card controls Narrow (8-bit) SCSI-2, FastSCSI, and Ultra SCSI devices* 68-pin SCSI card controls Wide (16-bit) Ultra-Wide, Ultra2, Ultra 160, and Ultra 320devicesBanyak orang yang menginginkan SCSI sebagai standar dalam komputer mereka, karenakecepatannya yang melebihi teknologi IDE. SCSI memiliki prosesor pengolah datatersendiri dan tidak tergantung pada CPU, sebagai konsekuensinya, tentu harganyamenjadi lebih mahal. Karena alasan inilah orang jadi tak menginginkan SCSI dan lebihuntuk menggunakan IDE. Namun ada pula dari mereka yang memilih selektif denganhanya menggunakan SCSI untuk CD/DVD burning, misalnya.Kelebihan dari interface SCSI adalah mampu menghubungkan hingga 15 peralatan dalamsatu kartu tersebut. Masing masing peralatan yang terhubungkan tersebut memiliki IDtersendiri.Saat ini telah dikenal teknologi penerus dari IDE yaitu SATA, yang kecepatannyamampu menandingi kecepatan dari SCSI, bahkan melebihinya, namun tetap SCSI lebihunggul dalam daya tahan, karena semua produk SCSI memang dirancang untuk digunakan selama 24 jam, 7 hari sepanjang tahun (Biasa digunakan untuk server ataukomputer yang kritis dan tidak boleh mati)

Related

Info Up Date 6295094537620870208

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item