Kapan Saatnya Menggunakan Domain Sendiri

Domain punya banyak macamnya, masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda. Kita ambil beberapa contoh seperti domain .com, domain ini merupakan domain yang berkarakter umum, bisa digunakan oleh siapapun dengan fungsi apapun, berbeda dengan domain .co.id, domain ini biasanya dipakai oleh perusahaan yang bersifat komersil atau bahkan online shop karena ketika kita hendak menggunakan domain .co.id kita diharuskan memiliki surat izin usaha, lain lagi dengan .sch.id, domain ini diperuntukkan untuk sekolah dan lembaga pendidikan sejenis.



Keuntungan Menggunakan Domain Sendiri

1. Kebanggan

Tentu, ketika blog saya berubah menjadi jarhie.com, saya bangga setiap kali bertemu blogger lain dan kami saling berbagi alamat blog, sama bangganya ketika teman kita menanyakan alamat rumah dan kita jawab “di Bandung Regency”.




2. Branding

Secara tidak langsung, domain yang kita gunakan akan mem-branding diri kita. Misal saat kita menggunakan nama seperti travelersejati.com berarti kita sudah siap dengan persepsi orang bahwa kita adalah traveler sejati. Begitu juga dalam penggunaan nama pada domain, seperti saya, jarhie.com, orang lain akan mengingat bahwa pemilik blog ini adalah Jarhie.




3. Profesionalitas

Blog yang menggunakan domain sendiri atau TLD (Top Level Domain) lebih terkesan profesional, bukan blog abal-abal atau blog dummy. Dalam beberapa kasus, blog dengan domain sendiri lebih dilirik oleh brand lho. Apalagi jika kita membeli hosting, kita bisa mempunyai alamat e-mail sendiri contohnya contact@jarhie.com. Lebih profesional kan?

4. Lebih bebas

Hal ini saya rasakan ketika beralih dari jarhie.wordpress.com ke jarhie.com. Saat masih menggunakan yang gratisan, banyak keterbatasan seperti tampilan blog yang hanya bisa menggunakan theme bawaan dan keterbatasan dalam penambahan fitur. Setelah mempunyai domain sendiri, saya bisa upload theme sesuka hati, menambahkan banyak fitur dan wigdet yang bermanfaat untuk blog saya.

Kapan Saatnya Menggunakan Domain Sendiri :

Ketika teman-teman ingin serius ngeblog mulailah dengan membeli domain, ketika sudah memiliki domain sendiri, ada rasa ingin terus merawat dan terus update. Mungkin teman-teman beranggapan kalau membeli domain itu mahal, ternyata tidak lho. Banyak provider yang menyediakan domain murah dengan kualitas yang oke. Bagi yang belum tau, untuk domain seperti .com saja, kita hanya perlu 100-150 ribu untuk membelinya, dan itu berlaku sampai 1 tahun.

Related

Info Up Date 4358096255009310016

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item