Mengenal Port Serial Pada Computer

Serial port menggunakan socket DB9 / konektor dan transfer informasi, satu bit pada satu waktu, antara komputer dan periferal lainnya. Port komputer seri mengidentifikasi dengan standar RS-232.
Serial port adalah pintu gerbang komunikasi elektronik yang digunakan untuk mentransfer data satu bit pada satu waktu.
Bersama dengan port paralel port serial digunakan hampir untuk semua jenis transfer informasi antara komputer dan perangkat periferal lainnya. Saat ini port serial telah diganti dengan port khusus seperti port usb (digunakan untuk transfer data dan komunikasi antara komputer dan perangkat lain), port vga (komunikasi data video), port Ethernet atau port internet (digunakan untuk komunikasi jaringan, jenis informasi).
Port serial itu juga dikenal sebagai port COM dan ketika sebuah perangkat terhubung untuk itu Anda akan menemukannya di device manager pada port COM1 atau COM2 atau COMX.





The port serial   menggunakan standar RS232   dan konektor DB9 untuk transfer data dan koneksi. RS232 mencakup beberapa standar yang digunakan untuk koneksi serial dan sinyal kontrol antara peralatan terminal data (DTE) dan data circuit-terminating equipment (DCE).
Hubungan antara komputer dan perangkat periferal yang menggunakan standar RS232 dilakukan melalui kabel serial. Panjang kabel serial memiliki pengaruh langsung pada baud rate (kecepatan transfer) jadi di bawah 50 kaki Anda dapat memiliki baud rate 19200 bps, tetapi jika Anda meningkatkan panjang kabel serial baud rate akan menurun sebagai berikut: 500ft -9600 bps; 1000ft-4800 bps dan 3000ft-2400bps.



Pada saat ini port serial paling digunakan pada perangkat industri dan pemrograman. Pemrograman port serial dilakukan dengan menggunakan port serial adaptor ke port usb terutama karena komputer baru tidak dilengkapi dengan konektor db9. Hilangnya komunikasi serial eksternal tidak berarti bahwa jenis transfer data tidak digunakan lagi pada PC baru karena bermigrasi di dalam komputer dan Anda bisa tahu itu dengan nama SATA atau ata serial. SATA digunakan untuk transfer data antar perangkat optik (dvd drive), hard disk drive dan motherboard.

Related

Ilmu Computer 1045731969891346949

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item