Aplikasi Benchmark Untuk Menguji Performa Ponsel Android

Salah satu cara yang bisa ditempuh oleh para pengguna ponsel untuk bisa mengetahui dengan pasti kapasitas dan performa dari ponsel yang mereka miliki adalah dengan melakukan uji benchmark. Uji benchmark akan memberikan gambaran kepada sang pemilik mengenai kapasitas ponsel mereka dalam berbagai aspek mulai dari kecepatan, performa serta melakukan perbandingan dengan perangkat lain yang sejenis. Hal ini bisa dilakukan oleh semua pemilik ponsel dengan sistem operasi apapun. Khusus untuk para pengguna Android, berikut ini terdapat 5 aplikasi benchmark yang bisa dipergunakan untuk melihat kemampuan asli dari sebuah Smartphone Android.


AnTuTu Benchmark

Uji Benchmark dengan AnTuTu 



AnTuTu merupakan aplikasi benchmark untuk Android yang bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi tertua dan telah mendapatkan kepercayaan dari para penggunanya. Aplikasi yang satu ini bisa dipergunakan untuk mengukur berbagai hal yang berkaitan dengan performa sebuah perangkat Android seperti:

  • Menguji kemampuan prosessor atau CPU
  • Menguji memori dari RAM sebuah ponsel
  • Menguji kemampuan CPU saat hanya menggunakan satu core. Uji atau tes yang satu ini sangatlah bermanfaat mengingat kebanyakan aplikasi pada dasarnya tidak mempergunakan lebih dari satu CPU agar bisa berfungsi dengan maksimal
  • Menguji kemampuan GPU yang umumnya dipergunakan oleh para pemilik ponsel saat melakukan hal-hal yang berhubungan dengan fungsi grafis dari sebuah perangkat Android seperti bermain game, menonton video atau mengolah animasi dan efek video
  • Melakukan tes terhadap I/O yang pada dasarnya mengukur kemampuan penyimpanan dan database baik input maupun output dari sebuah perangkat

Tidak hanya menawarkan kemampuan untuk melakukan berbagai jenis tes, aplikasi benchmark yang satu ini juga memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk melakukan perbandingan dengan perangkat Android lain yang sejenis. Hal ini memudahkan para pemilik ponsel untuk melihat performa sebenarnya dari perangkat yang mereka miliki terutama bila dibandingkan dengan perangkat lainnya.

GeekBench

GeekBench app 



GeekBench merupakan aplikasi benchmark yang juga bisa menjadi pilihan bagi para pemilik ponsel Android yang ingin menggali dan mengetahui lebih dalam mengenai performa ponsel mereka. Aplikasi yang satu ini lebih memilih untuk fokus pada berbagai uji dan tes benchmark dan tidak terlalu memperhatikan perihal penampilan. Fokus utama aplikasi ini adalah pengukuran prosessor dan juga sistem skor yang membedakan antara performa core tunggal dan multicore.

Hasil pengujian terbagi menjadi beberapa bagian yaitu Integer, Floating Point dan Memory, dimana masing-masing bagian akan terdapat informasi mengenai perangkat apa yang menduduki peringkat pertama baik dalam penggunaan core tunggal ataupun multicore. Terdapat juga berbagai informasi detail lainnya untuk memuaskan keingintahuan para pengguna aplikasi benchmark yang satu ini.

PCMark for Android

PCMark for Android 
Aplikasi benchmark yang satu ini dikembangkan oleh Futuremark yang juga mengembangkan aplikasi 3D Mark untuk melakukan tes benchmark. Aplikasi ini bisa dipergunakan untuk melakukan tes dan melihat performa serta kemampuan baterai dari sebuah perangkat Android saat melakukan berbagai aktivitas yang umum dilakukan oleh perangkat tersebut.

Untuk saat ini aplikasi benchmark PCMark memiliki satu grup test yang dinamakan Work Scenario. Dengan grup tes ini, para pemilik ponsel bisa mengetahui kemampuan atau performa ponsel mereka saat melakukan berbagai aktivitas seperti browsing, mengedit gambar ataupun untuk memutar video.

Untuk tes performa, aplikasi ini akan memberikan hasil dalam bentuk skor yang nantinya bisa dibandingkan dengan perangkat lain yang sejenis. Sementara untuk tes baterai, aplikasi ini akan memberikan hasil berupa perkiraan atau jangka waktu baterai ponsel yang ada bisa bertahan saat dipergunakan untuk melakukan berbagai aktivitas umum.

3DMark for Android

3DMark for Android 
3Dmark merupakan nama yang sudah sangat populer dikalangan para gamers yang memainkan game di PC mereka masing-masing. Saat ini, versi dari aplikasi benchmark ini telah tersedia untuk perangkat berbasis Android. Aplikasi gratis ini menyediakan berbagai demo yang sangat nyata, yang menyerupai tes yang ada untuk versi PC Windows, dengan berbagai tambahan seperti tes untuk mengukur kemampuan baterai.

Cara penggunaannya juga sangat sederhana, dimana hasil tes bisa dibagikan secara online melalui sistem perbandingan website dan juga sistem database Cloud milik Futuremark sebagai pengembang aplikasi ini. Dengan ini, para pemilik perangkat bisa dengan mudah melihat posisi perangkat yang mereka miliki dibandingkan dengan perangkat lain yang sejenis.

Aplikasi ini lebih ditujukan untuk mengukur kemampuan sebuah perangkat untuk tujuan bermain game dibandingkan dengan untuk penggunaan sehari-hari. Khusus untuk tes baterainya sendiri hanya akan memberikan gambaran kemampuan baterai untuk bertahan dalam penggunaan maksimal.

Aplikasi benchmark 3DMark ini sendiri terdiri dalam berbagai versi termasuk 3DMark Ice Storm dan 3DMark Sling Shot. Kedua versi aplikasi ini lebih berfokus untuk mengukur kemampuan CPU dan GPU pada perangkat Android. Untuk versi 3DMark Ice Storm, terdapat beberapa jenis tes grafis yang akan dipergunakan yaitu untuk resolusi 720 piksel dan 1080 piksel, tergantung dari preset yang dipergunakan oleh sang pemilik perangkat. Untuk versi 3DMark Sling Shot sendiri, yang telah mendukung OpenGL ES 3.1 hanya diperuntukkan untuk perangkat Android versi yang lebih tinggi, minimal Android 5.0 atau versi setelahnya.

GFXBench

GFXBench

Selain 3DMark yang lebih diperuntukkan sebagai aplikasi benchmark untuk perangkat gaming, terdapat juga aplikasi GFXBench yang juga memiliki ruang lingkup yang sama namun telah hadir terlebih dahulu untuk para pengguna Android. Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah hasilnya yang jauh lebih detail serta ukurannya yang jauh lebih kecil sehingga akan sangat cocok dipergunakan pada ponsel atau perangkat Android yang memiliki kapasitas memori terbatas atau yang tidak mendukung adanya memori eksternal.

Uji atau tes yang dilakukan oleh aplikasi ini tergolong sangat lengkap dan menyeluruh. Para pengguna aplikasi ini bisa melihat hasil tes yang menunjukkan mengenai tes kualitas, kemampuan computing, tingkat presisi atau ketepatan, serta berbagai aspek lain yang tidak hanya menyentuh permukaan kemampuan grafis dari sebuah perangkat, namun mampu menggali lebih dalam lagi.

Aplikasi benchmark ini mendukung OpenGL ES 3.1 yang diperuntukkan untuk perangkat kelas atas namun tetap mendukung berbagai tes sederhana seperti tes tekstur dan tes baterai untuk melihat kemampuan baterai untuk bertahan saat sistem GPU sedang dipergunakan semaksimal mungkin. Hasil atau skor tes yang ditunjukkan oleh aplikasi ini tidak ditampilkan dalam skor secara keseluruhan, seperti halnya aplikasi benchmark lainnya, namun dalam bentuk sistem skor yang dibuat berdasarkan jumlah frame, MB/s atau Mtexel/s yang mampu dicapai oleh perangkat itu sendiri.


Kelima aplikasi tersebut merupakan aplikasi benchmark yang layak diperhitungkan oleh para pemilik perangkat Android. Untuk bisa mendapatkan gambaran yang lengkap mengenai performa dari sebuah perangkat, maka ada baiknya dilakukan tes dengan mempergunakan lebih dari satu aplikasi, dimana hasil yang diberikan akan melengkapi satu sama lain untuk gambaran yang lebih lengkap dan komprehensif.

Related

PC Up Date 163490340892236220

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item