Review Microsoft Foldable Keyboard, Ketebalannya sangat Tipis

Dewasa ini, kebutuhan masyarakat akan perangkat komputer yang handal dan portable semakin tinggi. Kehadiran smartphone, tablet dan laptop memang sangat membantu menjawab kebutuhan tersebut. Akan tetapi, setiap perangkat yang ada memang memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Namun untuk urusan mobile computing, laptop tak selamanya mampu memenuhi ekspektasi penggunanya, khususnya dalam hal portabilitas. Untuk yang satu ini, tablet memang memiliki keunggulan tersebut. Sayangnya tablet tak didesain untuk produktivitas tinggi, khususnya untuk melakukan pengetikan dengan cepat. Untuk itu, Microsoft meluncurkan Microsoft Foldable Keyboard. Berikut ini review Microsoft Foldable Keyboard selengkapnya.

Desain



Ada banyak keyboard lipat yang ada di luar sana. Setiap keyboard eksternal memiliki gaya desainnya sendiri lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika LG memiliki keyboard dengan desain gulung, Microsoft Foldable Keyboard memiliki gaya desain lipat yang juga tak lazim ditemui.



Ukuran Microsoft Foldable Keyboard terbilang kecil. Dalam kondisi terlipat, dimensinya hanya 5.7 x 5.0 x 0.4 inci saja. Saat dibuka, dimensinya melebar di angka 11.6 x 4.9 inci. Namun dalam kondisi ini, ketebalannya berkurang menjadi 0.2 inci yang tentu saja sangat tipis meski untuk ukuran keyboard lipat sekalipun. Keyboard ini juga sama sekali tidak terlihat murahan berkat material yang digunakannya. Meski bukan material logam, bahan plastik yang digunakan terasa halus. Tombol keyboardnya sendiri juga terbuat dari bahan plastik yang cukup tangguh.

Saat digunakan untuk melakukan pengetikan, Microsoft Foldable Keyboard terasa cukup nyaman, Hanya saja karena desain tombol space yang terpisah menjadi dua bagian, pengguna mungkin akan merasa ada yang janggal saat sedang melakukan pengetikan. Ukuran keyboard yang kecil dan tipis semakin memudahkan pengguna untuk menentengnya kemanapun mereka mau. Bobotnya yang hanya 7.1 ons juga membuatnya terasa sangat ringan saat ditenteng kemana-mana.

Engsel keyboard juga dibuat dengan sangat baik. Hal ini membuat keyboard mudah untuk dibuka dan ditutup. Saat dibuka, secara otomatis keyboard akan menyala yang ditandai dengan menyalanya lampu indikator kecil pada sisi atas. Sedangkan saat ditutup, keyboard akan mati dengan sendirinya. Tentu saja semua itu dibuat demi menjaga baterai keyboard agar dapat bertahan lebih lama.

Demi menjaga keyboard dari tumpahan air atau cairan lain secara tidak sengaja, desain keyboard ini juga dibuat water resistant. Spill resistant design ini melindungi komponen elektronik dalam keyboard dan menjaganya agar tidak langsung merusak komponen-komponen tersebut.

Konektivitas

Konektivitas Microsoft Foldable Keyboard 


Untuk menghubungkan Microsoft Foldable Keyboard dengan perangkat lain seperti smartphone, tablet atau bahkan laptop, keyboard ini dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth 4.0. Teknologi Bluetooth yang digunakan tak hanya mampu memberikan kenyamanan pengetikan secara wireless. Konektivitas ini juga terbilang banyak ditemui pada perangkat-perangkat masa kini. Karena itulah keyboard portable ini dapat dipadukan dengan beragam jenis perangkat mobile.

Bukan hanya itu saja, konektivitas Bluetooth yang digunakan juga sudah ditingkatkan. Microsoft menyebutnya dengan istilah Bluetooth smart. Dengan teknologi ini, konektivitas wireless yang terjalin akan menjadi lebih stabil dan tentu saja mudah dihubungkan dengan berbagai jenis perangkat.

Review Microsoft Foldable Keyboard juga membuktikan bahwa keyboard portable ini dapat bekerja dengan berbagai jenis operating system. Tak hanya mendukung sistem operasi besutan Microsoft, Windows, Microsoft Foldable Keyboard juga telah mendukung OS lain seperti Android dan iOS. Itulah kenapa keyboard ini juga disebut sebagai Universal Microsoft Foldable Keyboard. Bahkan tak hanya mampu terhubung dengan satu perangkat dalam satu waktu, Microsoft Foldable Keyboard juga mampu terhubung dengan 2 perangkat sekaligus. Jadi saat pengguna sedang menggunakannya dengan perangkat tablet miliknya dan hendak membalas pesan yang masuk ke smartphone, mereka tinggal menghubungkan keyboard ini secara wireless tanpa harus memutus koneksi dengan tablet.

Microsoft Foldable Keyboard telah mendukung penggunaan 2 perangkat dalam satu waktu. Akan tetapi bagaimana cara memisahkan antara device 1 dengan device 2? Untuk mengatasi masalah ini, Microsoft membekali keyboard besutannya dengan tombol switch. Melalui tombol inilah pengguna bisa mengubah penggunaan antara perangkat 1 dengan perangkat 2.

Baterai

Charge Microsoft Foldable Keyboard




Sebagai perangkat portable, tentu Microsoft Foldable Keyboard membutuhkan baterai sebagai sumber energinya. Hanya saja tak dijelaskan apa jenis ataupun berapa kapasitas baterai yang digunakan. Microsoft hanya menjelaskan bahwa baterai Microsoft Foldable Keyboard dapat bertahan selama 3 bulan dalam satu kali isi ulang. Namun tentu saja, daya tahan tersebut tergantung dari penggunaannya. Jika sering digunakan, terlebih sering terhubung dengan lebih dari 1 perangkat dalam satu waktu, bisa jadi daya tahan baterainya lebih cepat habis.

Usability dan User Experience

User Experience Microsoft Foldable Keyboard
Alasan utama seseorang menggunakan keyboard eksternal untuk melakukan pengetikan pada tablet ataupun smartphone adalah kenyamanan dan kemudahannya. Karena itu, keyboard portable seperti Microsoft Foldable Keyboard umumnya dibuat dengan sangat presisi dan responsif sehingga memungkinkan penggunanya mengetik dengan cepat dan akurat. Akan tetapi sebagian besar keyboard portable memang memiliki kelemahan yang cukup serius. Kelemahan ini terletak pada sisi ergonomisnya.

Microsoft Foldable Keyboard sebenarnya termasuk nyaman digunakan. Saat melakukan pengetikan, tak ada delay yang mengganggu. Responnya juga sangat cepat. Begitu pula dengan akurasinya. Hanya saja saat hendak menekan tombol-tombol tertentu seperti spasi, pengguna mungkin akan merasa ada yang janggal. Itu karena tombol space pada Microsoft Foldable Keyboard terlihat terpisah menjadi dua bagian. Kedua tombol tersebut memang dapat bekerja dengan baik dan cenderung berfungsi secara independen. Akan tetapi bagi pengguna yang belum terbiasa, gaya seperti ini tentu akan mengurangi kenyamanan dalam melakukan pengetikan.

Ukuran tombol juga sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Cukup besar dan cukup nyaman saat melakukan penekanan pada setiap tombolnya. Hanya saja meski sudah full-sized keyboard, ada beberapa tombol yang terlihat lebih besar dari tombol-tombol lainnya. Namun secara usability, keyboard ini cukup nyaman digunakan. Setiap tombol dalam keyboard juga terasa mantap saat ditekan.

Masalah lain yang ditemukan dalam review Microsoft Foldable Keyboard adalah desainnya yang hanya sekedar keyboard saja. Tidak ada ruang khusus untuk meletakkan perangkat tablet atau smartphone sehingga mampu berdiri tegak layaknya monitor pada laptop. Karena itu, pengguna harus berinisiatif untuk menahan tablet atau smartphone dengan asesoris lain. Isu ini memang patut disayangkan mengingat Microsoft Foldable Keyboard adalah keyboard untuk perangkat mobile seperti tablet dan smartphone.

Kesimpulan

Mengetik dengan Microsoft Foldable Keyboard
Dengan desain yang tipis dan ramping, tak diragukan lagi, Microsoft Foldable Keyboard memang mampu menjawab kebutuhan pengguna yang membutuhkan keyboard eksternal yang mudah dibawa kemanapun. Dukungannya terhadap beragam OS juga menjadi keunggulan tersendiri. Bahkan tak hanya mendukung OS Windows, Android dan iOS, Microsoft Foldable Keyboard juga telah mendukung Mac OS X. Hanya saja memang tidak semua versi OS didukung oleh Microsoft Foldable Keyboard.


Dalam hal kenyamanan pengetikan, secara umum Microsoft Foldable Keyboard sudah mencukupi. Isu-isu kecil yang dialami pengguna memang sedikit mengganggu. Namun dengan beberapa trik dan dengan membiasakan diri, isu-isu tersebut tampaknya tidak akan lagi mengganggu. Berkat fitur spill resistant yang dimiliki, keyboard ini juga terbilang tahan debu dan tahan air. Dengan semua fitur yang ada, review Microsoft Foldable Keyboard membuktikan bahwa keyboard ini masih terbilang layak untuk dijadikan pilihan.

Related

PC Up Date 3185650934332063881

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item