Cara Memilih Kartu Memori untuk Kamera Digital


Banyak macam kartu memori atau memory card, format, ukuran, dan kecepatan harus sesuai dengan kebutuhan. Setiap gadget butuh kartu memori berbeda. Telepon seluler pintar, misalnya, hanya bisa menggunakan kartu memori berukuran kecil. Sementara kamera bisa menggunakan yang berukuran lebih besar, yang punya kapasitas lebih luas.
Tetapi selain ukuran, adalah penting bagi kamu mengenal jenis-jenis kartu memori untuk menyesuaikannya dengan keperluan.


  • CompactFlash (CF)
Ini adalah salah satu tipe kartu memori lawas dan banyak digunakan pada kamera digital. Formatnya sudah mencapai puncak dan kapasitasnya tak lagi bisa diperbesar.

Beberapa kamera kelas atas terbaru masih bisa membaca kartu CF, tetapi model ini sudah banyak digantikan oleh kartu yang ukurannya lebih kecil dan lebih cepat.

  • Secure Digital (SD)
Ukurannya mirip dengan prangko dan merupakan andalah dari industri kamera. Ia digunakan dari kamera kelas pemula hingga profesional.

Kapasitasnya lebih besar dan kecepatannya jauh di atas CF. Bahkan baru-baru ini SandDick memperkenalkan kartu SD berkapasitas 1 terabyte. Jika kamu menggunakan kamera DSLR atau mirrorless, maka kartu SD sudah cukup.

  • MicroSD

Sesuai namanya, ini adalah versi mini dari kartu SD. Ia banyak digunakan pada kamera action, ponsel pintar, dan gadget lain yang memang punya ukuran kecil.

Saat ini kapasitas maksimalnya hanya 256 gigabyte dan kecepatannya bisa mencapai 275MB per detik.

  • CFast

Jika kamu menggunakan kamera cinema ARRI atau Canon 1D X Mark II, maka CFast adalah pilihan yang tepat. Ia memiliki kapasitas besar dan performa tinggi, yang cocok untuk perangkat profesional.

Soal ukuran, CFast mirip dengan CF. Tetapi penting diingat mereka punya format berbeda.


  • XQD

Sama dengan CFast, XQD adalah kartu untuk kamera profesional dengan format paling mutakhir. Hanya sedikit kamera yang menggunakannya saat ini, termasuk di antaranya adalah Nikon D500.

  • Universal Flash Storage (UFS)

UFS merupakan kartu memori yang pertama kali diperkenalkan Samsung pertengahan tahun ini. Meski belum ada perangkat yang menggunakannya, UFS - yang diklaim mirip MicroSD - menawarkan performa cepat. UFS bahkan disebut akan menjadi kartu memori standar bagi kamera action dan ponsel pintar di masa depan.

Related

Memory 4947184283257204607

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item