Fitur-Fitur Baru Yang Masih Dikonsep Windows 10

Fitur-Fitur Baru Yang Masih Dikonsep Windows 10
Office Hub

Microsoft tengah mencari cara untuk supaya Windows 10 bisa lebih terintegrasi dengan Office 365, dengan dokumen internal dan konsep-konsep yang menyarankan perusahaan memperkenalkan Office Hub baru yang (nantinya) memberikan kemudahan bagi kamu dalam mengakses ke semua dokumen penting di Office, email, event-event kalender, dan membuat kamu selalu “up to date” –dengan apa yang orang lain lakukan dalam dokumen bersama yang kamu share melalui OneDrive dan SharePoint– melalui Office 365 Stream.

Konsep-konsep internal tersebut yang saat ini masih diuji coba bisa berpotensi terwujud. Salah satu area adalah Cortana, yang dapat diakses melalui hamburger menu Cortana. Selain itu area potensial lainnya adalah Action Center, sebagaimana kamu tahu Action Center dirancang untuk membuat kamu tetap up to date dengan kejadian apapun dari aplikasi tertentu.


Yang lebih menarik lagi adalah Office Hub ini akan menempati posisi tersendiri di taskbar, yang akan membuka langsung tampilannya yang mirip UI Cortana. Dengan cara ini maka Office Hub akan tetap sinkron dengan Cortana dan Start Menu, menyediakan antarmuka familiar yang bisa mudah dipahami bagi pengguna. Ikon Office akan ditempatkan tepat berdampingan dengan ikon Cortana, mirip dengan tombol Task View, yang ketika diklik akan membuka banyak hub seperti Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook Mail, Skype) persis sama seperti waktu kita membuka Cortana, bahkan bisa membuat bilah pencarian (search bar) Cortana berubah warnanya menjadi “orange Office” yang memungkinkan pengguna tahu kalau mereka sedang berada di Office Hub.
Selain Office Hub, Microsoft juga sedang memikirkan bagaimana caranya meningkatkan pencarian dengan membawa lebih banyak layanan ke Cortana dan pengalaman “mencari” di File Explorer. Misalnya, kamu nantinya dapat menggunakan istilah pencarian seperti “email dari pekan ini”, dan Cortana pun menyeret email tersebut –selama sepekan terakhir– dari Outlook Mail, Exchange, dan aplikasi lainnya.

Working Sets
Integrasi Office ini bukan cuma sekedar yang disebutkan di atas saja. Microsoft juga sedang merancang fitur baru yang disebut “Working sets“. Dengan fitur ini Microsoft berambisi untuk membuat Office agar kontekstual serta membuatnya lebih mudah bagi kamu untuk bekerja dengannya tanpa teralihkan/terganggu.


Dengan “Working Sets”, Microsoft mencari cara kontekstual yang akan membawa Office ke garis depan Windows dengan memperkenalkan alat-alat kolaborasi yang baru dan Office yang terintegrasi dengan Cortana, Action Center dan bahkan Edge. Dimulai dengan tool kolaborasi, sebuah fitur baru yang dinamai dengan “Working Sets” ini akan membantu mengatur file dan menemukan dokumen, kontak, bahan referensi dan banyak lagi, hanya dengan satu ‘set‘, memberikan kamu akses mudah ke semua hal yang berhubungan dengan tugas atau project individu.
Set‘ ini kemudian dapat disematkan ke Start Menu dan Taskbar, memberikan kamu akses mudah ke seluruh proyek. Meng-klik kanan pada satu set –yang sudah disematkan ke taskbar– akan menyuguhkan kamu “jump list” yang berisi daftar semua file dan dokumen yang merupakan bagian dari proyek tersebut, yang akan bisa membuat kita dengan mudah & seketika meloncat ke dokumen tertentu saat diperlukan. So dengan fitur ini kita makin mudah dan cepat dalam mencari dan membuka dokumen penting.
Sematkan “set” ke Mulai akan menyajikan Live Tile yang selalu update yang menampilkan dokumen yang telah diperbarui sejak kamu selesai menggarapnya, dan dengan meluncurkan/meng-klik Tile ini akan membawa kamu kembali ke dokumen apa pun yang sedang kamu kerjakan sebelumnya.
Selain itu, dengan peningkatan integrasi Cortana ini maka dia (si Mbak Cortana) akan tahu persis apa yang kamu butuhkan ketika kamu membutuhkannya, dan selalu tertampil di layar ketika kamu sedang bekerja dalam “set” tadi dengan file terkait untuk kamu gunakan. Intinya si Mbak Cortana makin “mengerti kamu” dan tambah perhatian deh. Cortana juga akan mendapatkan perintah baru seperti “Hold my calls” (Tahan panggilan saya), yang mana dengan perintah ini akan menonaktifkan semua notifikasi, termasuk email, pesan teks, dan –tentu saja– panggilan telepon selama 1 jam. Jadi enak ‘kan, bisa meminimalisir segala gangguan ketika kamu fokus bekerja dengan Office.
Working Sets dapat juga di”cantolin” ke Action center yang akan menampilkan aktivitas baru-baru ini di dokumen yang di-share dengan pengguna lain, sehingga memungkinkan kamu meloncat ke dalam dokumen tersebut kapan pun, dan membuat perubahan atau komentar kamu sendiri pada dokumen yang sebelumnya telah diubah oleh pengguna lain.
Sekilas mengenai OneClip
Microsoft jelas memang tertarik untuk membawa Office 365 dan Windows 10 bersama-sama agar lebih dekat di beberapa poin di masa depan, yang mana ini tentunya merupakan kabar baik bagi mereka yang sehari-hari aktif menggunakan Office dan Windows 10 di tempat kerja/kantor atau di rumah. Bahkan, Microsoft tahu bahwa banyak pengguna menggunakan Office di tempat kerja dan di rumah. Oleh karena itulah Microsoft sedang menggarap sebuah cara agar lebih mudah berbagi data antar perangkat dengan layanan “OneClip”. Lihat video di bawah ini!
Sekali lagi, semua fitur yang kita bahas tadi di posting ini masih berupa konseptualisasi dan tahap perencanaan yang masih sangat dini, jadi sangat mungkin ada perubahan sewaktu-waktu.

Related

Info Up Date 4124070167797440214

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item