Software Desain 3 Dimensi Dan Printing 3D

3D printing merupakan cara mencetak objek secara tiga dimensi dari printer khusus yang saat ini sudah banyak berkembang dengan menggunakan bahan plastik. Awalnya saya mengira bahwa 3D Printing merupakan hal yang mudah.



Banyak yang menjualnya di toko jual beli online seperti tokopedia dan bukalapak, harganya bervariasi dari 6 juta hingga 20 juta, tersedia juga jasa pencetakan yang murah dan salah satu contoh hasilnya seperti dibawah ini :

3d cids ver 2.PNG

Bagi yang ingin mencoba saran saya untuk belajar beberapa hal sebagai berikut:

1. Software Desain 3 Dimensi
Mengenali software desain 3D sangat penting. Banyak sekali software yang bisa digunakan seperti SketchUp, Solidwork, AutoCAD, dan CATIA. Saya menggunakan Solidwork untuk mendesain casing saya karena mudah secara interface dan kemampuan untuk mengekspor file menjadi ekstensi *.STL yang dibutuhkan pada 3D Printer. Teman-teman bisa belajar mengenai software-software ini melalui blog, youtube, dan lain-lain. Pasti sudah banyak tutorialnya.




2. Penyedia model 3D
Banyak sekali website yang menyediakan model 3 Dimensi secara gratis. Model 3D yang ada sangat membantu kita untuk mencari inspirasi model yang ingin kita buat. Beberapa web yang menyediakan model secara gratis yang pernah saya buka antara lain sketchup 3dwarehouse, grabcad, dan thingiverse. Dari web ini kita bisa melihat dan melakukan modifikasi model 3D.

3. Software Slicers & 3D Printer Host
Setelah kita membuat model 3D kita perlu mencek apakah model kita bisa dicetak. Oleh karena itu, kita butuh yang namanya software 3D Printer Host. Software ini digunakan untuk melakukan simulasi printing model kita. Software ini ada yang gratis dan berbayar. Saya mencoba menggunakan software yang gratis yaitu repetier host.

repetier.png

Software ini cukup memberikan gambaran bagaimana hasil model 3D kita apakah cukup ruang untuk dilakukan printing atau tidak.

repetier lipi.png

File yang digunakan pada software host ini menggunakan ekstensi.  STL.
Pada software Solidwork kita bisa menyimpannya secara langsung, namun untuk pengguna SketchUp perlu menginstall plug in untuk 3D Printing.

4. Penyedia Jasa Pencetakan 3D Printing
Bagi kamu-kamu yang belum bisa membeli 3D Printer saya sarankan untuk melakukan pencetakan yang disediakan oleh provider. Bagi kamu yang berada di Bogor saya sarankan untuk mencetak model kamu ke Bro zungman. Beliau adalah salah satu maker di Bogor yang sudah saya jumpai dan saya akui hasilnya WOW. Bagi yang berada di kota lain bisa searching di tokopedia, 3DHubs, dan forum reprap. Disana banyak maker yang menyediakan jasa dan disesuaikan dengan budget kita.

5. Jenis Filamen
Kita harus mengenal jenis filamen untuk 3D Printing. Hal ini sangat penting karena hal ini berhubungan dengan kekuatan dan tekstur bahan filamen yang ingin kita gunakan dan yang tersedia oleh maker. Jenis-jenis filamen dapat dilihat disini.

6. Forum 3D Printing
Forum sangat penting bagi kita untuk melihat perkembangan 3D Printer dan 3D Printing. Banyak forum yang ada di dunia. Khusus untuk Indonesia ada satu forum yang bisa kita ikuti yaitu forum reprap Indonesia. Saya sudah pernah masuk ke forum ini dan banyak belajar mengenai 3D Printing.


Related

Software Computer 8091170491908981492

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

    Comments

    item